Waktunya Menikmati “Red Pill Blues"


Thursday, 23 Nov 2017


I don’t mind spending everyday

Out on your corner in the pouring rain

Look for the girl with the broken smile

Ask her if she wants to stay awhile …

 

Hi Urbanesse, siapa yang gak kenal lirik lagu ini? Mungkin anak generasi Z ya. Buat penggemar musik, khususnya Maroon 5 die hard female fans, penggalan lirik dari “She Will Be Loved” ini tidak terlupakan. Sebuah single yang selalu membawa nostalgia yang sebenarnya lebih mirip imajinasi saya ketika itu, ngarep akan bertemu dengan Adam Levine di kehidupan nyata sedang menyanyikan lagu ini khusus buat saya.

 

Sebelum kita terlalu dalam kembali ke masa lalu, khususnya 15 tahun lalu di jaman album pertama “Songs About Jane”, mari kita dengan penuh antusias menyambut bulan November dengan album baru yang dirilis grup band plus vokalis pria favorit saya sepanjang massa. Yes, Maroon 5 baru saja merilis album studio ke-enam dengan judul “Red Pill Blues” pada 3 November 2017.

 

Bukan, (Masih) Bukan “Songs About Jane part II”

Bagi para fans yang berharap rilisnya sebuah album baru Maroon 5 yang memiliki benang merah pilihan musik berikut musikalitasnya dengan “Songs About Jane”, ada baiknya kalian lupakan sejenak keniscayan itu. Saya sebut itu “keniscayaan” karena saya juga berharap suatu saat akan ada album baru Maroon 5 yang taste-nya terasa sama dengan album pertama mereka tersebut: perpaduan pop, soul, funk, disco &rock.

 

Tetapi untuk saat ini, Adam Levine dkk memilih untuk berkembang sesuai tuntutan jaman sekaligus menunjukan kemahiran mereka dalam bermusik dan bereksperimen dengan berbagai jenis kecanggihan teknologi perangkat musik dan kolabarasi terbanyak dengan musisi lain yang pernah mereka lakukan dalam sebuah album studio. Maka, terimalah “Red Pill Blues”, Maroon 5 versi 2017.

 

Sebuah album dengan 16 lagu terbaru dan dibuat juga versi deluxe berisi 21 lagu, termasuk beberapa tracks yang dinyanyikan saat mereka live di Manchester. Untuk album dengan lagu-lagu terbaru saja, dijamin membuat Urbaners para fans Maroon 5 sejak 2002 mungkin akan agak bingung sesaat karena musik yang sangat ngepop dan sepintas  seperti kurang greget dibanding album-album sebelumnya. Untungnya, sebagaimana musik pop dengan melodi yang easy listening dan lirik yang bagus pada umumnya, semakin sering kita mendengar lagu-lagunya, akan semakin catchy di telinga kita.

 

Maroon 5 Versi 2017

Judul album yang diambil dari cerita film The Matrix tentang pilihan Red Pill atau Blue Pill, yang apapun pilihannya akan mengubah hidup kita. Seperti album baru ini, banyak menunjukkan perubahan group band asal California ini dibanding ketika pertama kali mereka merilis album studio 15 tahun lalu.

 

Kolaborasi dengan Kendrick LamarJulia Michaels dan sederet nama musisi lainnya kembali menunjukkan kemampuan Maroon 5 bermusik dengan artis dari berbagai genre tanpa pendengar merasakan adanya sekat koridor musik yang berbeda-beda.  Ditambah lagi lirik lagu yang masih kaya makna dalam kisah hubungan antar manusia, yang dibawakan masih dengan sama baiknya dengan Adam Levine yang sempurna dalam “Sunday Morning” atau “Payphone” beberapa tahun lalu.

 

Beberapa lagu pilihan di album ini adalah “What Lovers Do” (kolaborasi dengan SZA), “Wait”, Don’t Wanna Know” (dengan Kendrick Lamar), "Bet My Heart", "Who I Am", dan “Denim Jacket”. Simpel songs yang sama sekali gak simple musiknya. Penambahan jumlah personil Maroon 5 dengan kedatangan Sam Farrar, pemusik yang sudah sering ikut tour bersama Maroon 5, yang mahir memainkan berbagai instrumen, menunjukkan keseriusan Maroon 5 untuk selalu membawa sesuatu yang baru dalam setiap albumnya.

 

In the end, apapun musik yang dibuat Maroon 5, rasanya tidak pernah tidak istimewa.  Either they take the red pill or the blue pill, they  always make magical moment in their album . Jangan lupa untuk dengerin lebih dari sekali supaya dapet 'catchy'nya ya... :)

 

Happy listening, Urbanesse!

 

 

 By Cicilia



Cicilia Elisabeth

No Comments Yet.