Urban Women Bookclub “Journey”


Thursday, 10 Aug 2017


Pada Sabtu 29 Juli 2017 lalu Urban Women kembali mengadakan Book club yang kali ini buku-buku yang wajib dibaca adalah buku yang bertemakan “Journey”. Dihadiri oleh 5 peserta yang  masing-masing saling sharing isi buku yang sudah dibaca.

 

Indry, salah satu peserta book club mengulas buku karya Agustinus Wibowo yang berjudul Titik Nol, Makna Sebuah Perjalanan. Menurutnya buku yang telah dibacanya tersebut berisi catatan perjalanan seseorang yang tidak banyak menekankan pada petualangan pribadi saja dengan keberhasilan-keberhasilannya melainkan berisi orang-orang yang ditemuinya sepanjang perjalanannya. “Tiap tulisannya lebih berisi pada sebuah penghargaan dari perjalanan yang pernah dilaluinya dengan beragam kenangan yang mampu menyentuh dan mencerahkan hidupnya meski dengan dana yang terbatas. Dalam buku ini Agustinus memaparkan bagaimana ia bisa lolos dari area peperangan yang sempat ia kunjungi tanpa ada luka sedikit pun” Terang Indry.

 

Buku menarik yang diulas peserta lainnya adalah buku karangan Richard Branson berjudul “Business Stripped Bare”  Dalam buku yang dibaca Wan Tien, salah seorang peserta book club tersebut berisi tentang Richard Branson yang berbagi pengalaman hidupnya dalam tiap perjalanan bisnisnya dan mengungkapkan kebenaran yang luar biasa tentang tiap kesepakatan yang diambilnya yang paling berisiko, cemerlang dan berani. Menurut Wan Tien di dalam buku tersebut Richard menjelaskan bagaimana ia diperjalanan bisnisnya mempertahankan orang-orang yang ikut bekerja sama dalam bisnisnya memiliki karakter yang baik dan berintegritas, terlepas dari orang itu pintar atau tidak secara akademis. Karena menurut Richard Branson Keahlian atau kepintaran masih bisa dipelajari sedangkan karakter baik dan berintegritas itulah yang mendarah daging. Seseorang yang memiliki karakter baiklah yang membawa bisnisnya menjadi lebih berkembang pesat.

 

Buku yang dibawa peserta lainnya adalah buku berjudul Amazing 30, di buku tersebut Wirda salah satu peserta Bookclub mengulasnya. Menurut Wirda di dalam buku yang ditulis Beta Kun Natapradja berisi tentang kiat-kiat praktis dan catatan perjalanan hidup penulis saat memasuki usia 30 tahun.

 

Di buku itu di jelaskan tentang bagaimana perjalanan yang ia tulis di buku agendanya hal-hal kecil yang berdampak besar seperti catatan agenda bulan Meinya untuk bisa membuat suaminya tersenyum, bagaimana ia menemani anaknya dengan suasana yang enak tanpa dengan marah-marah ketika si anak nakal, mengirim makanan kecil  untuk teman baru, mengobrol dengan teman lama dan masing-masing catatan bedakan di lembar kertas dengan warna yang berbeda “Hal sederhana yang memberi efek besar bukan”, sebut Wirda.

 

Buku yang diulas terakhir pada sesi book club adalah buku berjudul "Hector And The Search For Happiness”. Menurut Rara, buku yang dibacanya tersebut berisi tentang perjalanan hidup seseorang yang dalam hidupnya selalu berkecukupan bahkan bisa dibilang mewah tapi ternyata ia belum pernah merasakan bahagia. Ada pula seseorang yang meski dikelilingi oleh orang-orang yang menyayanginya tetapi ternyata ia merasa sendirian dan tidak bahagia, di dalam buku ini menjelaskan bagaimana perasaan tiap orang acapkali berbeda parameternya. Hector yang seorang psikiater yang selalu mendapatkan pasien dengan permasalahan yang berbeda ternyata kurang puas dengan dirinya. Ia pun melakukan perjalanan ke negara-negara seperti Cina, Afrika Amerika dan negara-negara lainnya. Ditiap negara yang ia kunjungi ia menemukan arti bahagia dengan cara-cara berbeda penerapannya. Menurut Hector cara kita memandang sesuatu itulah yang akan menentukan apakah kita merasa bahagia atau tidak.

 

Book club pun ditutup dengan memberi kesimpulan akhir dari semua ulasan buku yang dibahas bahwa “Tiap Perjalanan hidup yang ditempuh setiap orang entah itu perjalanan antar negara, pulau maupun perjalanan kehidupan yang panjang dan rumit, memang memiliki ceritanya sendiri yang berbeda namun, selalu memiliki kesan akhir yang sama yaitu Berkat atau Hikmah yang terkandung didalamnya. Ini yang menjadikan orang-orang tersebut akan selalu bersyukur”.

 

So, bagi Urbanesse yang hobi baca buku dan ingin berkumpul dengan para pecinta buku lainnya, Yuuuk...Join di Urban Women Bookclub yang akan diadakan di weekend tiap akhir bulan. Untuk tema bulan Agustus ini tema bookclubnya adalah “Romance” jadi untuk kamu yang hobi baca buku Romance, kamu bisa tuh join pada 26 Agustus 2017 nanti, rencananya kita akan adakan di Slatan Cafe Kemang,  Jakarta.  Untuk informasi dan pendaftaran peserta bisa hubungi 0815 172 52504.



Libra

No Comments Yet.