Teach Like Finland - Timothy D. Walker


Monday, 25 Sep 2017


Awalnya saya merasa perlu membaca buku ini untuk diterapkan pada pola pengasuhan Si Kecil di rumah. Tetapi setelah membacanya, saya segera berpikir untuk menuliskan resensi ini karena insight positif yang saya dapatkan, layak dibagi untuk Urbanesse. 

 

Perlu diketahui, bahwa Finlandia dikenal sebagai negara yang memberlakukan sistem pendidikan bagi siswa - siswanya yang casual, tidak membebani & mengutamakan kebahagiaan dalam setiap pola pembelajarannya. Sehingga tidak hanya merasakan keteraturan, seluruh lapisan masyarakat dikategorikan merasa jauh lebih bahagia jika dibandingkan negara - negara lain di dunia. 

 

Timothy D. Walker, penulis buku ini adalah seorang guru yang berasal dari Amerika Serikat, memutuskan untuk berpindah tempat tinggal ke negara kelahiran Sang istri, Helsinki, Finlandia & mempelajari rahasia hidup masyarakatnya. Berprofesi sebagai seorang guru kelas 5, berikut adalah hal - hal positif yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari - hari untuk menjadi pribadi yang lebih 'berbahagia".

 

  1. Mengistirahatkan pikiran. Para guru di Finlandia memberikan waktu istirahat selama 15 menit setiap mata pelajaran usai serta tidak membebani siswa dengan pekerjaan rumah sehingga mereka memiliki banyak waktu untuk mengistirahatkan pikiran. Aspek ini yang dirasa penting untuk memberi 'ruang' bagi otak & beristirahat, sehingga dapat menyerap kebaikan & positivity. 

 

  1. Menyederhanakan ruang. Sebagian besar ruangan kelas di sekolah - sekolah Finlandia sangat rapi & sederhana; terkesan 'kosong'. Hal ini dimaksudkan agar para siswa & guru dapat menangkap aspek 'kejernihan' yang ditimbulkan dari lingkungan sekitar.

 

  1. Menghirup udara segar. Tidak hanya belajar di kelas, para guru seringkali mengajak siswa untuk berkemah & hidup berdampingan dengan alam. Tindakan ini dinyatakan dapat memupuk rasa kepedulian & kasih sayang sebagai seorang manusia. 

 

Sekalipun khusus ditulis berdasarkan pengalaman Tim dengan anak - anak didiknya, pembaca pasti sekaligus dapat merasakan energi positif yang disodorkan melalui poin- poin pembelajaran diatas. Let’s Do it for Happiness, Ladies!

 

sumber gambar: gramedia.com



Nathalie Indri

No Comments Yet.