Passion Adalah Kunci Suksesku


Wednesday, 17 Jan 2018


 “Allow your passion to become your purpose, and it will one day become your profession,” – Unknown-

Dalam mencapai sukses, selalu ada peranan kerja keras, mimpi, passion, dan beberapa persen faktor keberuntungan. Sama dengan pengalaman saya saat membangun karir sebagai radio broadcaster - 13 tahun lalu. Singkat cerita, saya telah diberikan kesempatan untuk menjalani profesi sebagai produser dan penyiar radio sejak saat duduk di bangku kuliah. Lalu ketika memutuskan menikah pada tahun 2009, saya mengikuti suami berpindah domisili di Jakarta, meninggalkan kampung halaman saya di Malang, Jawa Timur. 

Hingar bingar Ibukota sempat membuat saya gamang, benarkah saya akan mampu menaklukan kompetitor dan dapat kembali menjalani profesi sebagai radio broadcaster? Semata - mata karena saya menyadari, bahwa Jakarta adalah tujuan utama setiap individu yang ingin menjalani pekerjaan sebagai seorang Host, MC, Presenter, atau pekerja di industri kreatif.

Tetapi saya tidak menyerah. Saya menanamkan mimpi, bahwa suatu hari saya akan melihat diri sendiri menjadi salah satu broadcaster di salah satu radio swasta Ibukota. Hari berlalu, saya sempat menjalani profesi sebagai seorang pekerja di Bank swasta selama 1 tahun, lalu gayung bersambut. 

Seorang teman yang dekat dengan adik ipar saya mengumumkan bahwa Ia membutuhkan tenaga baru sebagai seorang penyiar radio karena sedang membangun station baru dengan segmentasi wanita & keluarga. Dengan yakin, saya mengutarakan keinginan untuk mendaftar dan mengirimkan sample suara. 

Mimpi belum padam, saya katakan. Saya berusaha terus upgrade diri mengikuti kemajuan teknologi & zaman, mengikuti update berita terbaru tentang dunia, belajar teknik public speaking melalui berbagai judul buku, dan memasrahkan semua keputusan kepada Tuhan. 

Tidak berselang lama, ternyata saya mendapat kesempatan untuk bergabung dan berkarya menjdai seorang produser & radio broadcaster di V Radio Jakarta selama periode 2011 - 2017. Saya mengucap syukur karena selalu dapat bekerja berdasarkan passion, sehingga apapun yang saya lakukan adalah perwujudan dari cinta. 

Sesuai dengan tema bulan ini, Happiness & Success, ada beberapa poin pembelajaran yang saya petik melalui pengalaman ini. Yang utama adalah kesuksesan adalah buah dari kerja keras diri sendiri. Tentu ada peranan networking & campur tangah Tuhan di dalamnya. Namun bila Urbanesse memahami lebih dalam, selama menjalani profesi ini, secara terus - menerus saya selalu belajar untuk memperbaik diri, mempelajari hal baru, memperluas networking, dan dengan senang hati menerima kritikan yang membangun. Kritikan saya umpakan seperti cambuk bukan mematahkan semangat saya melainkan malah membuat saya menjadi pribadi yang lebih banyak lagi mengupgrade diri. 

Jadi, apakah bahagia merupakan kunci sukses seseorang? Saya katakan Iya, Berbahagialah dulu dalam hidup maka kesuksesan akan datang pada mereka yang bisa berbahagia meski terhadap seseuatu yang kecil. Dan.. apa saja yang mempengaruhi kesuksesan seseorang? Adalah kerja keras dan kemauan untuk terus maju dan mewujudkan mimpi. Jadi Urbanesse Yuuuukk...ciptakan bagaiamu sambil mengejar kesuksesan dalam hidup versi kita bukan versi orang lain. Karena seperti kata Dalai Lama XIV Happiness and Successful  is not something ready made. It comes from your own actions.”. Jadi, Urbanesse Yuuk mulai sekarang..Tunjukkan Actionmu!.

 



Nathalie Indri

No Comments Yet.