“Only Human”, Debut Album Calum Scott yang Wajib Dikoleksi


Thursday, 29 Mar 2018


 I’d climb every mountain

And swim every ocean

Just to be with you

And fix what I’ve broken

~From “You are The Reason” by Calum Scott

 

"Only Human", debut studio Album  Calum Scott baru saja rilis tanggal 9 Maret 2018 oleh Capitol Records dengan single terbaru “You are the Reason”, sebuah piano ballad yang menunjukkan keindahan dan kekuatan vokal Scott yang tak kalah indah dibanding Ed Sheeren dengan “Perfect”-nya.

 

Talenta dari Britain’s Got Talent

Dikenal sebagai salah satu peserta Britain’s Got Talent 2015 yang mendapat Golden Buzzer dari Simon Cowell sehingga ia langsung lolos ke babak live show, penyanyi sekaligus penulis lagu kelahiran Inggris 12 Oktober 1988 ini sebelumnya telah sukses merilis ulang single milik Robyn - “Dancing Own My Own” - yang sempat menduduki posisi kedua pada UK single chart dan no.1 di chart iTunes di 11 negara.

Seperti kita ketahui, tidak semua alumni acara pencarian bakat akan sukses di industrinya usai acara tersebut. Dengan merilis debut albumnya, Scott menunjukkan keseriusannya menghadirkan karya yang semakin menunjukkan talentanya di dunia musik.

Album “Only Human” Deluxe berisi 14 lagu berdurasi 50 menit, termasuk “Dancing on My Own” dan “Rhythm Inside” yang telah rilis sebelumnya sebagai single. Scott turut menulis “You are the Reason”, lagu pop ballad yang juga sudah dirilis sebelumnya dan sempat dinyanyikannya duet dengan Leona Lewis.

 

Eksistensi Calum Scott

Debut album adalah segalanya bagi seorang artis. Momen untuk menunjukkan pada dunia akan kemampuannya sebagai seorang artis dengan talenta, musik dan lagu-lagu andalannya. Sebuah awal karir yang sedikit banyak menentukan arah karir seorang artis di kemudian hari.

“Only Human” menunjukkan genre musik pilihan Scott yang saat ini, di UK khususnya, masih dikuasai Sam Smith dan Ed Shreeran. Beruntung seorang Calum Scott memiliki vokal yang berbeda dengan kedua pendahulunya. Selain lulusan Britain’s Got Talent, Scott juga sempat bergabung dalam band Maroon 4, a tribute band untuk Maroon 5. Sebagai vokalis Maroon 4, Scott sudah khatam menyanyikan lagu-lagu Maroon 5 yang menuntutnya memiliki kemampuan vokal di atas rata-rata agar sanggup membawakan lagu dengan nada-nada tinggi yang biasa dianyanyikan Adam Levine. Ditambah lagi, cara Scott menyanyikan lagu-lagunya dengan penuh emosi dan kempuan vokal yang mumpuni sedikit banyak akan mengingatkan kita pada vokal Adele, dapat disimak di “Dancing on My Own”, "Not Dark Yet" dan “Only You”. Bila ada ruang kosong yang belum lengkap di jajaran penyayi pria British dengan vokal yang handal selain Sheeran dan Smith, Calum Scott adalah pilihan terbaik saat ini.

Scott bukan hanya piawai menyanyikan lagu pop ballad yang kembali banyak digemari, seperti di “You are The Reason”, “Hotel Room”, “Won’t Let You Down” dan “Not Dark Yet”, tetapi juga terdengar solid menyanyikan lagu-lagu seperti “Give me Something”, “What I Miss Most” “Good to You” dan “Stop Myself (Only Human)” yang kembali mengingatkan kita pada musik Maroon 5 yang dinamis .

Lagu-lagu di album deluxe ini bercerita tentang jatuh cinta, patah hati, persahabatan dan sepenggal kisah dari pengalaman hidup Scott yang berubah drastis sejak kesuksesannya pasca Britain’s Got Talent. Selain “Dancing on My Own” dan “You are the Reason” yang sudah diprediksi kesuksesannya, lagu-lagu seperti “Not Dark Yet” yang dibawakan secara akusitk, “Stop Myself (Only Human)”, “Only You” dan “Hotel Room” juga akan mudah disukai berkat aransemen dan kekuatan liriknya yang easylistening.

Bagi penggemar musik pop, debut album Calum Scott ini tidak boleh dilewatkan. Selain layak ditulis review-nya dan dikoleksi albumnya, juga layak disebarkan videonya di social media dan dibicarakan sebagai salah satu talenta terbaik musik jaman now. Apakah ia akan mengulang kesuksesan Sam Smith atau dipandang sebagai the male version of Adele ke depannya, waktu akan membuktikan.

Yang pasti, album “Only Human” ini membuktikan bahwa ada potensi yang menjanjikan berupa satu paket lengkap dalam diri Calum Scott. Good music, good songs, good vocal, good performance & good talent.  Selayaknya para penikmat musik berterimakasih kepada Simon Cowell, “Thank you, Simon, for that golden buzzer years ago in Britain’s Got Talent. He deserved it. Calum Scott deserved it…”

Karena sekarang kita dapat menikmati talentanya yang luar biasa dalam debut albumnya. 

Let's enjoy it, Gals..

 

By Cicilia

 



Cicilia Elisabeth

No Comments Yet.