Merawat Bahagia


Thursday, 27 Sep 2018


Hi Urbanesse! Beberapa hari yang lalu saya baru saja menyelesaikan buku berjudul "Merawat Bahagia" yang ditulis oleh Adjie Santosoputro. Praktisi minfdul healing yang saya kenal melalui sosial media & bertemu dalam sebuah acara ini memberikan inspirasi & energi positif, terutama bagi diri saya secara personal. 
 
Melalui buku ini saya mempelajari beberapa hal, diantaranya:
1. Latihan berfokus pada nafas dapat membantu meredakan ketegangan. Sesungguhnya, fungsi utama menyadari nafas adalah menenangkan. Saya sudah latihan meditasi selama 1 tahun terakhir untuk menyadari nafas, dan hasilnya luar biasa, Urbanesse. Saya menjadi pribadi yang lebih tenang..
 
2. Menerima & memeluk semua keadaaan hidup. Seringnya, kita sangat berbahagia karena kondisi batin yang sedang senang. Melalui buku ini, Adjie mengingatkan kita untuk juga memeluk kondisi batin yang sedang bersedih, khawatir, atau takut. Dengan menyadari sepenuhnya berbagai hal yang terjadi pada batin, perasaan yang ditimbulkan adalah menjadi jauh lebih lega, dan jauh dari pengharapan yang terlalu muluk. Artinya, kita menjadi pribadi yang realistis, tidak akan terlalu kecewa jika keinginan kita tidak terpe nuhi.
 
3. Hadir disini - kini. Inti dari konsep mindfulness yang diajarkan oleh Adjie adalah untuk membawa jiwa & raga hadir secara utuh disini - kini. Melalui latihan ini, manusia akan diingatkan untuk hadir penuh, sadar utuh dalam melakukan berbagai hal; lebih menikmati hidup di tengah kesibukan yang menumpuk, dan tetap rileks saat masalah menghadang. 
 
Dengan bahasa ringan dan pembagian poin - poin buku yang simple, "Merawat Bahagia" adalah salah satu rekomendasi wajib baca buat kamu, Urbanesse. Untuk menyadari kembali hal- hal esensial dalam hidup bukanlah hanya soal uang & ketenaran, atau kesuksesan semata, tetapi juga kebahagiaan batin dan hubungan yang baik dengan keluarga serta orang terkasih. 
 


Nathalie Indri

No Comments Yet.