Menikmati Kopi di After.S.


Tuesday, 25 Apr 2017


Bagi penikmat kopi, ada coffee shop baru di Mal Kelapa Gading (MKG), Jakarta Utara. Lokasinya di The Attic Garden Lt.3 MKG-3, area baru yang masih satu lantai dengan food court MKG-3. Dulunya lokasi Pongs Home Center . Di area yang sama dengan Ta Wan dan lokasi baru Sushi Tei.

After.S. , comfort food and specialty coffee. Yup, dengan dua tanda titik mengapit huruf S.  Itulah nama coffee shop teranyar di MKG.  Yang sudah pernah ngopi di coffee shop TOF Sicacilla di ruko Mal of Indonesia (MOI) yang juga berlokasi di Kelapa Gading,  sudah familiar dengan racikan kopi After.S. karena memang masih satu owner dengan kopi yang sama. After.S. ini seperti extension dari Sicacilla dengan experience yang berbeda.

Bersaing dengan coffee shop raksasa yang sudah lebih dulu punya nama membuat After.S. harus memberikan sesuatu yang berbeda , terlebih posisinya bukan di ground floor seperti rata-rata gerai-gerai kopi lain di MKG.   Saya melihat beberapa poin yang berbeda yang jadi nilai plus After.S. di MKG.

Pertama, After.S. punya cita rasa kopi yang berbeda. Untuk espresso based ada pilihan kopi blend  dari kopi Ethiopia dan kopi Bali yang lebih fruity. Pilihan kedua ada kopi blend dari kopi Toraja dan kopi Garut yang rasanya menjadi lebih earthy dengan campuran rasa gurih. Silakan pilih blend yang kamu mau untuk minuman coffee yang espresso based sebelum order. Hot Cappuccino-nya (35K) buat saya yang paling enak dibanding coffee shop lainnya di MKG. Ketika itu saya pesan yang blend kopi Toraja dan Garut. Untuk penikmat kopi hitam , waktu saya berkunjung, ada filter coffee Bajang Jegeg dari Kopi Pak Wawan (48K) yang rasanya seperti cempedak, ringan tapi tetap terasa kopinya.  Untuk filter coffee ini tidak tertulis detailnya  di menu, jadi bila berminat pengunjung bisa langsung tanya kopi yang tersedia berikut harganya.

After S

Kedua, After.S. punya mini pies dengan bagian dasar kulit pie warna golden brown yang renyah dan filling yang beragam. Saya coba lemon pie dengan marshmellow dan cheesecake pie, total 50K. Tekstur filling-nya keduanya lembut dan rasanya bikin nagih untuk tambah lagi walaupun lemon pie-nya memang agak terlalu manis buat saya. Untungnya saya minum kopi hitam – Kopi Pak Wawan – tanpa gula. Jadi rasanya seimbang.  Buat yang juga tidak suka rasa pie yang terlalu manis, saran saya pilih minuman yang tanpa gula seperti kopi hitam atau teh atau minuman coffee espresso based lainnya dan jangan menambah gula. Cheesecake Pie-nya aman, rasanya tidak manis dan smooth.

Ketiga, lokasi After.S.  tepat di depan arena bermain anak-anak yang terbuka. Jadi buat pasangan muda dengan anak balita, bisa bergantian menemani anak bermain sambil ngopi-ngopi santai. Apalagi kalau punya baby sitter, Ibu dan Ayah bisa bebas merdeka menikmati kopi atau makan sambil tetap bisa melihat anak-anaknya bermain dengan pengawasan baby sitter-nya.

Keempat, meski menunya kurang lebih sama, makanan After.S. punya twist yang berbeda dibanding menu di coffee shop lain. Contohnya , bila menu salad di coffee shop umumnya adalah caesar salad yang biasanya proteinnya beef atau chicken, maka ada yang beda dengan After.S. Di After.S. ada Dominic’s Caesar Salad (62K) dengan protein grilled chicken dan , ini yang beda, pork bacon yang gurih . Untuk menu serupa sandwich, biasanya ditemani french fries. Di After.S. ada menu Katsu Sando(66K) berupa fried chicken katsu yang gurih, dengan egg mayo, red cabbage dan white bread yang dilengkapi dengan  ubi merah, bukan french fries seperti pada umumnya. Perubahan-perubahan kecil yang membuat rasa yang berbeda dan tetap lezat adalah bentuk kreativitas yang jadi poin plus dan layak dicoba.

O iya, saya sarankan membaca menu dengan detail supaya teman-teman yang Muslim dapat memesan makanan yang halal. Kalau tidak merasa cocok dengan makanannya, ada menu pie dan cake yang juga layak dicoba. Ada juga camilan kentang goreng dengan garlic aioli (38K).  Menu savory lainnya adalah menu brunch yang cocok untuk minum kopi.

After S

After S

After S

Kelima, pengunjung cukup enjoy ngopi di After.S. karena pelayannya ramah, tidak segan-segan menjelaskan dan memberikan rekomendasi. Rasanya lebih seperti ada di kedai kopi yang homey, bukan seperti di coffee shop dengan pelayanannya mirip gerai fast food yang serba cepat.

Keenam, bagi yang bukan penikmat kopi, jangan kuatir. Selain ada beragam pilihan minuman non coffee, ada minuman coklat, soda, juice dan juga minuman teh seduh (by Kaya Tea) dengan  beragam plihan teh yang menenangkan. Saya pribadi lebih suka teh seduh daripada teh celup karena tanpa kantong teh yang dapat mengandung klorin dan larut dalam air teh ketika diseduh. Earl Grey-nya (36K) terasa lebih ringan , tidak pekat atau pahit walaupun diminum tanpa gula. Saya juga suka Ice Green Tea Latte –nya (38K)  dibanding yang dijual coffee shop lainnya di MKG.

Last but not least, interior After.S yang minimalis, terbuka dan tampak bersih membuat penikmat coffee dapat melihat dengan jelas proses pembuatan minuman secara langsung. Ini yang jarang dapat kita lihat langsung di coffee shop raksasa lain di MKG. Pencahayan ruangannya juga bagus, cocok banget  untuk selfie... hahaa JJ

Rasanya cukup nyaman menikmati kopi dan makanan di After.S. sambil baca buku, ngobrol , family time atau mengerjakan tugas dengan koneksi wifi yang tersedia. Budget per orang untuk makan dan minum antara 100K-150K, sedangkan untuk minum kopi atau teh saja antara 35K-50K. Kalau ada kritik, mungkin di beberapa kursi perlu tambahan bantal supaya lebih nyaman, menu makanan dibuat halal dan ditambah ragamnya, plus kalau bisa tempatnya diperluas.  Dan piring untuk penyajian pie diganti dengan piring lain yang lebih tampak cantik supaya sesuai dengan pie-nya.

Overall, saya cukup  happy untuk ngopi lagi di After.S tiap kali saya ke MKG. Semoga bisa bersaing dengan gerai kopi yang lain supaya saya dan semua penikmat kopi punya banyak pilihan tempat minum kopi dan hang out di area Kelapa Gading.

After S

After S

 

+By Cicilia



Ce Cile

No Comments Yet.