MARY POPPINS RETURNS


Wednesday, 27 Feb 2019


Sutradara: Rob Marshall

Penulis  Skenario : David Magee

Pemain :Meryl Streep, Emily Blunt, Lin-Manual, Ben Whishaw, Emily Mortimer, Colin Firth, Dick van Dyke, Julie Walters.

Cinematography:Dion Beebe

Waktu:130 menit

Negara:Amerika

Bahasa :Inggris

Sebuah film musical fantasi sekuel dari pengasuh ajaib (malaikat penolong)  Mary Poppins tahun 1964 yang di bintangi oleh Julia Andrews sekitar 54 tahun jaraknya dari sekuel pertama, kisah ini berdasarkan dari novel karya P.L Travers memperoleh 4 nominasi dalam ajang Golden Globes 2019 : Best Picure, Best Original Score, Best Actress untuk Emily blunt sebagai Mary Poppins, Best Actor untuk Lin-Manuel Miranda sebagai Jack.

Cerita bermula di era depresi London 1935, kakak beradik keluarga Banks yang telah dewasa mempunyai kehidupan yang berbeda Michael Banks (Ben Whishaw) bekerja di kasir Bank masih menempati rumah orang tuanya di Cherry Tree lane London, Michael mempunyai 3 anak yang masih belia  sepeninggal istrinya kate yaitu John (Nathaneael Saleh), Annabel (Pixie Davies) dan Georgie (Joel Dawson) lalu Jane Banks (Emily Mortimer) bekerja sebagai aktivis tinggal di apartemen karena kesulitan keuangan maka Michael tanpa sepengetahuan Jane meminjam sejumlah uang di bank dengan jaminan rumah yang di tempatinya sekarang sayangnya karena biasanya alm istrinya yang mengelola keuangan  Michael lupa membayar selama 3 bulan ke bank akibatnya pengacara dari bank membawa surat peringatan untuk menyita rumah dan di berikan waktu 5 hari untuk melunasi semua hutangnya jika tidak di lunasi maka rumah akan di sita dan mereka kehilangan rumah tersebut, kebinggungan melanda keluarga ini karena mereka tidak mempunyai uang untuk melunasinya lalu Jane ingat ayahnya mempunyai sertifikat kepemilikan saham di bank tersebut dan mereka harus menemukannya sebelum habis batas waktu dari bank.

Di saat masa kritis itulah Mary Poppins (Emily blunt) pengasuh bayi yang eksentrik hadir turun dari langit dengan layang2  saat awan mendung di damping temannya Jack (Lin-Manuel Miranda) petugas lampu jalan untuk kembali menjadi nanny yang pernah dia asuh  sebelumnya yaitu keluarga Banks. Mampukah Marry Poppins dengan nyanyian dan trik sihirnya membantu keluarga ini melewati masalah pelik dan mengembalikan keceriaan , kebahagiaan, harapan  keluarga Banks?

Film ini menyuguhkan musikal bergaya old fashioned, warna warni pastel, musical yang nostalgic. Akting Emily Blunt sungguh mempesona dengan gesture anggun, aksen inggris yang kental suara merdu di bumbui dengan tarian sungguh tidak membosankan kehadiran Lin-Manuel Miranda karakter baru sebagai petugas lampu mampu menghidupkan suasana dan membawa kita berpetualang ke negeri dongeng dengan nuansa inggris begitupula dengan artis kawakan  Meryl Streep yang eksentrik dengan aksen Eropa timur walaupun cuman sebentar membuat penonton ingin tau apa kelanjutan dari ceritanya.

Pelajaran yang saya dapatakan setelah melihat film ini adalah:

  1. “Tidak ada yang tidak mungkin bahkan hal yang mustahil sekalipun’’ setiap masalah pasti ada jalan keluarnya jangan putus harapan dan tetap berusaha dalam film ini Michael gampang putus asa karena mentalnya mudah jatuh terlalu memelihara kesedihannya terlalu lama Mary Poppins mencoba merubah pola pikir 3 anaknya agar anaknya membuka mata Michael untuk bangkit dan berjuang mempertahankan miliknya. Jangan biarkan kesedihan menguasai kita urbanese karena kesedihan hanya menghancurkan semangat kita.

  2. “cover buku bukan isi buku”  jangan menilai orang dari luarnya saja seperti halnya mereka tertipu penampilan dan tutur kata direktur bank yang teryata bermaksud jahat mengambil rumah dan saham keluarga Banks. ini point penting bagi urban women karena di era modern ini orang bisa berpenampilan hebat tapi tidak sesuai kenyataan hati-hati karena banyak penjahat “berkerah putih” jangan gampang tergiur dengan bujuk rayunya kita harus baca dengan cermat kontrak jangan hanya pasrah menyerahkan urusan penting ke orang lain.

  3. “selalu melihat hidup berbagai sisi”  berfikir positif di saat hidup sulit dengan berspektif berbeda sehingga kita bisa menjalani hidup dengan gembira karena apa yg kita pikirkan mempengaruhi mood kita yang bisa merubah keadaan kita adalah diri kita sendiri.

  4. “orang dewasa lupa bagaimana menjadi anak kecil” kadangkala orang dewasa terlalu memikirkan masalah hidup dan kita terjebak dengan rutinitas sehingga lupa bagaimana menikmati hidup bersenang senang atau mencoba hal-hal baru seperti halnya Michael di tinggal istrinya larut dalam kesedihan, anak dan rumah tidak terurus dia lupa bahwa anak2nya butuh perhatian dan kasih sayangnya karena harta yang paling berharga adalah keluarga. ada kata2 dalam film ini yang menarik adalah “yang hilang belum tentu hilang hanya berganti tempat” saya suka filosofi ini karena yang hilang belum tentu hilang selalu ada penganti yang harus kita lakukan hanya lebih peka.

  1. “pilihlah warna dan bentuk balon sesuai dengan kepribadianmu ” artinya memilih hidup yang sesuai dengan kemampuanmu sehingga hidupmu akan berjalan baik sepertinya halnya balon akan naik terus ke atas awan membawamu bersama impianmu

  1. Sepertinya halnya Mary poppins yang modis, dinamis dan rupawan walaupun seorang “nanny” tetap menjaga penampilan, artinya apapun pekerjaan kita seorang wanita harus bisa merawat diri agar kita lebih percaya diri.

Nah, Urbanesse itu tadi resensi film yang sudah saya tonton. Semoga dapat menjadi referensi tontonan di akhir pekan.
 


Silfiani Dewi

No Comments Yet.