"Makna Hari Raya Buatku Adalah Berkat"


Monday, 17 Dec 2018


Inilah cerita perjalanan saya memaknai hari raya keyakinan. Menurut saya semua agama pasti pemaknaan secara umumnya sama yaitu kesederhanaan/kesyahduan, memaafkan/kedamaian, cinta kasih, toleransi dan berbagi.

Tak terasa, sudah menjelang Natal kedua yang akan saya rayakan bersama suami. Lucunya, kami tidak lagi terlalu antusias dalam merencanakan mau berlibur kemana, melainkan lebih disibukkan dengan melayani bersama dan berbagi kasih, tidak hanya dengan keluarga dari suami yang akan datang berkunjung, melainkan juga di tempat ibadah kami, baik untuk kalangan internal maupun inisiatif eksternal dalam memberikan kepada pihak yang berkekurangan, juga melayani di tempat ibadah teman kami yang memerlukan bantuan. Entah kenapa, kami tidak lagi berpikir apa yang akan kami dapat melainkan apa yang kami bisa berikan, entah itu berupa waktu, tenaga, uang, keahlian maupun telinga untuk mendengar. Anehnya, kami juga merasa enjoy dan tidak terbebani. Koq bisa ya?

Setelah saya analisa baik-baik, bisa jadi perubahan cara pandang ini disebabkan karena kami selalu berusaha mengawali hari dengan doa bersama, walaupun terkadang hanya doa singkat. Juga di malam hari sebelum tidur kami sharing heart to heart dan menghitung berkat setiap hari, betapapun sibuknya aktivitas kami dan stress nya hari yang kami jalani. Karena melakukan hal-hal simple semacam ini, kami menyadari bahwa hidup kami sangat terberkati, dan itu mendorong kami juga untuk memberi diri kami yang terbaik kepada sesama. Kami benar-benar mengalami yang namanya giving will never make you any poorer, it’s much more happier to give than to receive dan jangan menunggu ‘merasa’ cukup baru memberi, karena bisa jadi hari itu tidak pernah pernah datang hehehe...

Kami juga deliberately mengalokasikan waktu kami untuk melayani di tempat ibadah setiap minggu nya dan makan siang dengan jemaat lainnya setelah service selesai. Awalnya, saya merasa tidak terbiasa, karena biasanya habis service selesai saya maunya ngacir, buat doing groceries, atau mempersiapkan bahan untuk besok bekerja, atau hanya sekedar untuk punya me time dengan suami. Tetapi, kini saya mengalokasikan hal-hal tersebut ke hari lain dan berkomitmen untuk lebih mengenal anggota-anggota tim pelayanan yang kami pimpin berdua, juga teman-teman gereja lainnya. Usaha kami lumayan berbuah. Tim yang kami pimpin bertambah solid, beberapa anggota mulai menunjukkan inisiatif kinerja yang lebih proaktif, dan Sabtu ini kami akan merayakan Natal pertama bersama mereka dan anak-anaknya di kediaman kami. Kami merasa terharu beberapa anggota yang disibukkan dengan aktivitas anak-anaknya dengan sengaja memodifikasi jadwal mereka untuk merayakan Natal bersama. Juga, anggota yang tidak bisa datang karena disuruh boss bekerja pada hari itu menyumbangkan masakan sendiri untuk dinikmati bersama.

Menjelang hari Natal ini, kami juga memiliki waktu untuk catching up tidak hanya dengan kenalan yang lama tidak bersua seperti bertemu dengan anak dan family di tempat saya bekerja sebelumnya, melainkan juga menulis surat untuk anak yang kami sponsor di Uganda sejak tahun lalu. Kami merasa senang melihat fotonya yang semakin bertambah besar dan kelihatan sehat. Kami berharap suatu saat kami akan berkesempatan untuk benar-benar bertatap muka satu dengan lainnya.

Kami benar-benar merasakan banyak berkat dan cinta kasih di Natal di tahun 2018 ini. Bukan tahun yang mudah, juga nggak santai. Suka duka kami jalani, tetapi kami keluar sebagai pemenang. Selain itu, kami menggunakan momen ini untuk mereview goals yang kami catat di awal tahun 2018. Puji Tuhan, hampir semua tercapai hahaha.... dan kami juga tak lupa menulis goals yang ingin kami raih di tahun 2019, dari goals untuk mengembangkan diri sendiri maupun untuk memberi kepada orang lain. Semoga bakal tercapai ya! Selamat menikmati hari liburan, Urbanesse!



Novia Heroanto

Bekerja sebagai desainer grafis dan ilustrator, profesi impiannya sejak kecil. Perempuan kelahiran 2 November ini menyukai seni, fashion, dan gemar berburu kuliner lezat. Novi menyukai musik Coldplay, John Legend, dan Depapepe. Warna favoritnya merah. Novi membantu memilih foto dan membuat ilustrasi untuk artikel-artike Urban Women.

No Comments Yet.