Live, Lead, Learn..Sebuah Seni Kepemimpinan ‘Gail Kelly’


Tuesday, 26 Jun 2018


 “There is no passion to be found playing small – in settling for a life that is less than the one you are capable of living.” – Nelson Mandela.

Quote di atas merupakan salah satu quote favorit Gail Kelly. Di dalam bukunya, dia menulis demikian….

“Follow your passion….Back yourself. Be yourself. Love what you do. You are capable of way more than you think you are.”

Benar-benar terbukti dia tidak sekedar omong kosong. Di dalam bukunya, “Live, Lead and Learn”, Gail Kelly menceritakan perjalanan karirnya dari profesi awal sebagai seorang guru Bahasa Latin hingga beralih menjadi seorang banker. Ketika memasuki dunia perbankan, dia meniti karir dari bawah sebagai teller di Afrika Selatannaik perlahan tapi pasti menjadi seorang wanita pertama yang menjabat sebagai CEO dari salah satu bank ternama di Australia. Ia pensiun sebagai CEO Westpac Group pada Februari 2015, yang menandai puncak karirnya selama 35 tahun di bidang perbankan.

Pengaruh besar Gail Kelly tidak hanya di dalam dunia perbankan. Dalam lingkup Australia, dia juga menjabat sebagai direkturCountry Road Group dan David Jones, professor tambahan di the University of New South Wales, dan duta besar Pemberdayaan Perempuan untuk CARE Australia. Dalam skala internasional, Gail Kelly merupakan anggota dari the Group of Thirty, Dewan Penasehat Global untuk Dewan Hubungan Luar Negeri Amerika Serikat, anggota Dewan Penasihat McKinsey, penasihat global senior untuk UBS AG, dan direktur Woolworths Holdings di Afrika Selatan.

Karena kontribusinya yang begitu besar di dalam berbagai bidang, pada tahun 2010, Forbes mencatat Gail Kelly sebagai wanita nomor kedelapan paling berpengaruh di dunia. Gail Kelly tidak dipungkiri merupakan salah satu pemikir terbaik dan paling inovatif dalam kepemimpinan dan budaya kerja. Tidak hanya itu, di sela-sela kesibukannya dalam berkarir dan berorganisasi, dia juga sukses membina rumah tangga bersama suami dan keempat anaknya.  

Seluruh perjalanan karirnya yang luar biasa terangkum dalam “Live, Lead, Learn”. Buku ini bukan memoir, juga bukan bukuself-help ataupun buku akademis. Buku ini adalah reflection dari Gail sendiri mengenai karir dia. Saya amat menyukai cara penulisan buku ini yang jujur, praktis dan tidak meggurui. Tidak hanya detik-detik kesuksesannya, Gail juga menjabarkan kekeliruan yang pernah dia lakukan dan hal-hal yang tidak berhasil dalam karirnya. Saya secara personal amat menyukai pendekatan kolaboratif yang dia jalankan selama memimpin. Dalam bukunya, Gail kerap memberikan kredit kepada orang lain, baik anggota keluarganya maupun anggota tim yang dia pimpin. Dia juga menjabarkan bagaimana dia membentuk dan menjalankan konsep “One Team”, dan“passion for customers”.  Gail sendiri memblokir waktu di kalendernya untuk menelepon 5 pelanggan setiap minggu. Dia berujar dia belajar banyak melalui phone call ini, karena terkadang dia mengalami kesulitan meyakinkan pelanggan dia, termasuk ketika memperkenalkan dirinya sendiri.

Prinsip-prinsip penting dan strategi dalam menjalankan kepemimpinan dijabarkan oleh Gail secara cerdas dan lugas, sehingga dapat dicerna dan dipraktekkan oleh berbagai kalangan, termasuk saya yang saat ini berprofesi sebagai seorang guru anak-anak.“Live, Lead, Learn” benar-benar menginspirasi saya untuk menjadi pemimpin yang lebih baik lagi, tidak hanya dalam memimpin kelas dan tim saya, tetapi juga dalam memimpin diri sendiri. Mengutip perkataan Gail: "Mendefinisikan tujuan perusahaan adalah bagian yang mudah ... Menyelaraskan praktik dan proses sehari-hari, keputusan dan perilaku, jauh lebih sulit". Praktek penyelarasan sehari-hari itulah peran seorang pemimpin.



Novia Heroanto

Bekerja sebagai desainer grafis dan ilustrator, profesi impiannya sejak kecil. Perempuan kelahiran 2 November ini menyukai seni, fashion, dan gemar berburu kuliner lezat. Novi menyukai musik Coldplay, John Legend, dan Depapepe. Warna favoritnya merah. Novi membantu memilih foto dan membuat ilustrasi untuk artikel-artike Urban Women.

No Comments Yet.