Liburan Masa Gitu ?


Saturday, 30 Dec 2017



Halo Ladies, Desember ini Urban Women mengangkat tema “Self Appreciation”.  Self appreciation disini kita lebih ingin mengulik tentang bagaimana para perempuan dapat benar-benar memanfaatkan liburan mereka sebagai cara mereka mengapresiasi diri sendiri. Karena saat ini fenomenanya adalah banyak perempuan yang ketika liburan/travelling yang seharusnya menjadi ajang untuk metime, untuk mereka beristirahat bersama orang-orang terdekat yang mereka sayangi (pasangan, keluarga atau sahabat-sahabat) malah cenderung banyak mereka habiskan untuk upload dan update foto liburan di sosmed lalu ketika liburan mereka malah lebih fokus pada layar handphone untuk menjawab komentar dan upload-upload foto liburan.  Alhasil liburannya jadi kurang fokus, kurang memuaskan dan pastinya kurang dalam hal mengapresiasikan diri dan orang terdekat yang sedang mereka ajak liburang bareng.
Nah, di rubrik From His Eyes kali ini, Urban Women coba mewawancarai salah satu narasumber kita yaitu Abbie Ardiwinata, Seorang Manager di salah satu perusahan di Jakarta sekaligus beliau juga seorang Co Founder untuk Gerakan #bijakbersosmed bagaimana pandangannya tentang tema Urban Women bulan ini ya, berikut wawancaranya yang sudah kita rangkum.
1.    Bagaimana pendapat anda sebagai pria dengan fenomena seseorang yang ingin selalu eksis di sosial media ketika liburan?

Sebetulnya kebiasaan mendokumentasikan kegiatan liburan sudah dimulai semenjak hadirnya perangkat fotografi. Tidak ada yang salah dengan mencoba “menangkap” momen-momen indah ketika kita sedang berlibur bersama pasangan ataupun dengan keluarga. Perbedaan yang ada sekarang adalah dengan hadirnya media sosial, mengunggah momen-momen tersebut ke platform media sosial sebetulnya tidak jauh berbeda dengan menyimpan foto-foto yang kita cetak dulu secara analog ke album yang kita miliki, hanya mediumnya saja yang berbeda. Jadi menurut saya secara konsep, semuanya sah-sah saja.

2.    Sebagai pria pernah merasa terganggu nggak sih dengan wanita yang senang foto-foto selfie atau update sosmed untuk membagikan postingannya ketika sedang berlibur bersama anda ?

Pada dasarnya, selama hal yang dilakukan tidak berlebihan dan tidak mengganggu aktifitas kita yang lain, menurut saya aktifitas tersebut masih dapat ditolerir. Kami kaum priapun pada dasarnya senang mengabadikan momen-momen tersebut. Selama jumlah upload masih moderat (1 sampai 2 post/hari), foto-foto yang diambil tidak terlalu privat (foto dikamar, muka yang masih kusut, dll) dan proses pengambilan foto tidak terlalu berulang karena alasan “ngga keliatan oke” atau “kurang fokus”.  Intinya, selama tidak berlebih, semuanya masih oke.

3.    Apakah anda pernah memiliki pengalaman disekeliling anda atau pengalaman anda sendiri dalam menghadapi orang yang senang update sosmed dan fokus liburan hanya untuk foto-foto selfie hingga tidak fokus pada liburan mereka ? bisa ceritakan

Syukurlah hal ini tidak banyak terjadi kepada saya, karena apabila hal tersebut sudah mulai menggangu, saya biasanya akan langsung memberitahu. Namun banyak contoh yang datang justru hadir di sekeliling saya ketika saya sedang berlibur, kadang saya sering merasa miris karena seharusnya orang yang ada dihadapan kitalah yang seharusnya mendapat perhatian lebih, bukan audience kita di media sosial atau orang yang diseberang chat kita.

4.    Lalu Bagaimana anda sebagai pria memberitahu orang tersebut tentang perilakunya yang senang show off di sosmed dan tidak fokus dengan liburan bersama anda tersebut?

Sebetulnya komitmen ini sudah harus disepakati bersama sebelum liburan berlangsung, semacam “guidelines for social media”, jadi tidak hanya yang berkaitan dengan liburan saja. Dan yang terpenting, kita sebagai priapun sebaiknya memberikan contoh bagi mereka, dengan tidak selalu terpaku dihadapan gadget dan menjawab semua chat dengan segera. Remember, you are on your vacation! Tidak ada yang terlalu terburu-buru untuk direspon, enjoy.

5.    Kasih point-point saran dong ke kita mas para wanita agar bisa mengapresiasikan diri ketika liburan/travelling jadi nggak fokus saja ke layar handphone hanya untuk sekedar foto-foto selfie dan update sosmed ?

Lengkapi diri anda dengan perangkat pengganti gadget. Penuhi diri anda dengan sebanyak-banyaknya informasi yang bisa didapatkan dari alat selain gadget. Beli beberapa majalah yang kita sukai di airport untuk menemani sepanjang waktu perjalanan. Satu buah buku juga boleh dibaca sepanjang perjalanan, untuk mengisi waktu luang ketika si dia sedang melakukan aktifitasnya sendiri. Kemudian apabila kita hendak meng-upload foto-foto tersebut, lakukan ketika ada waktu kosong (bukan waktu senggang) atau bahkan bisa dilakukan ketika sesudah pulang dari liburan. Tidak ada yang terlalu terburu-buru sehingga orang lain harus segera tahu kita berlibur kemana. Yang terakhir, mari coba untuk menghargai waktu yang diluangkan untuk waktu liburan ini, make the time for the two of you/your family, cherish them and love them along the way.

Nah, Urbanesse sejatinya liburan adalah waktu kita untuk membahagiakan hati dan mengistirahatkan pikiran dan penatnya aktivitas sehari-hari. Liburan adalah salah satu cara kita bagaimana mengapresiasi diri. Jangan sampai saat kita liburan kita hanya fokus untuk membahagiakan orang lain di sosmed hingga kita lupa membahagiakan diri sendiri bersama mereka yang kita ajak liburan bareng. Siapkan ransel atau tas kopermu dan nikmati liburanmu Ladies, update sosmednya bisa belakangan lah ya J



Abbie

No Comments Yet.