Letter From Birmingham Jail - Martin Lurher King, Jr.


Saturday, 12 Jan 2019


Hi Urbanesse! Saya baru saja menyelesaikan sebuah buku karya pendeta sekaligus pempimpin gerakan aktivis di Amerika Serikat yang memperjuangkan humanisme dan persamaan hak bagi orang - orang berkulit hitam, Martin Luther King, Jr. 
 
Bukunya sangat tipis, hanya setebal 51 halaman yang berisi 2 surat hasil pemikiran Martin saat ditahan di Birmingham Jail, Inggris dengan judul yang sama, dan "The Three Dimensions of a Complete Life". Saya senang sekali membacanya, karena buku ini memang sangat humanis dan menyentuh. Seperti setengah berpidato, Martin menyampaikan aspirasinya tidak melulu dengan orasi, tapi juga mengingatkan publik akan ketidakadilan yang kerap diterima oleh warga berkulit hitam. 
 
Mulai dari mendapat ejekan, pertanyaan dari anak - anak mengapa mereka tidak dapat bermain di taman bersama kulit putih lainnya, dan mengapa warga kulit putih memperlakukan kulit hitam dengan kejam? Hal ini diungkapkan Martin Luther King dengan bahasa yang menyentuh, dan penuh pesan bermakna agar kita melihat kembali ke dalam diri: Sudahkah kita membela hak - hak kemanusiaan?
 
Terdiri dari 2 chapter, surat terakhir adalah berisi hasil perenungan dirinya terhadap makna hidup. Hidup, Ia katakan terasa sempurna saat sudah bisa memenuhi 3 aspek: Menjaga/merawat diri sendiri, berbuat baik kepada orang lain, serta menjaga hubungan baik dengan Tuhan. Buku ini jelas menjadi rekomendasi saya untuk kamu, Urbanesse.. di awal tahun ini sempatkan membaca buku- buku yang dapat menambah wawasan serta inner self. Selamat membaca!


Nathalie Indri

No Comments Yet.