K A F T A N


Thursday, 22 Jun 2017


Kaftan adalah salah satu pakaian yang banyak dikenakan pada saat moment hari besar suatu keagamaan. Bahkan Kaftan kini dipakai tidak hanya pada saat perayaan suatu hari besar keagamaan tertentu saja, kaftan bisa dipakai oleh semua kalangan di berbagai moment. Walaupun kaftan adalah bagian dari modest wear yang saat ini sedang trend di asia, namun tetap menjadi favorit para pencinta fashion dunia tanpa melihat apa religinya. Kondisi ini dimulai ketika orang-orang barat mulai terbuka pada budaya dan hal-hal yang berkaitan dengan ketimuran seperti yoga, meditasi, alternative kesehatan, dll. Sejak saat itulah Kaftan yang modelnya longgar dan tertutup namun sejuk, menjadi mainstream fashion dikalangan sosialita. Designer mode dunia yang pertama kali  menyuguhkan hasil karya berupa kaftan traditional dengan sentuhan barat adalah Yves Saint Laurent. Sejak itu Kaftan masuk ke dalam list the most fashionable items in the world.

Kaftan merupakan pakaian asli wanita Turki.  Dikenakan sebagai luaran dan berfungsi layaknya jubah dengan panjang pakaian hingga mata kaki. Biasanya  terbuat dari sutra, katun, linen atau kashmir. Versi dan fungsi Kaftan berbeda-beda tergantung budaya masyarakat setempat. Ada yang digunakan untuk pakaian sehari-hari, ada yang dipakai ketika pesta saja dan ada yang dikenakan ketika menikah. Saat ini kaftan telah berevolusi sesuai perkembangan jaman. Salah satu hasil pengembangan dari kaftan adalah  Style Boho Chic.

 

Dulu sebelum jadi trend di Indonesia terutama Jakarta, kaftan hanya dapat ditemui di toko etnik seperti toko India di mana jumlah dan desainnya sangat terbatas. Designer lokal pun belum melirik fashion yang satu ini. Namun kini, Kaftan dapat dengan mudah kita temui di setiap sudut department store baik Mall besar, toko-toko atau kios-kios pasar. Harga pun bervariasi, dari harga jutaan hingga beberapa ratus ribu saja tergantung bahan, model serta aksesorisnya.

Saya sendiri sangat menyenangi Kaftan untuk menghadiri moment istimewa bersama keluarga maupun rekan-rekan saya, karena selain membuat tubuh saya terlihat lebih berisi, tinggi juga memberi kesan kalem namun mewah. Beberapa ide yang saya sudah coba tiap kali mengenakan Kaftan ketika sedang merayakan hari besar keyakinan yang saya adalah sebagai berikut :

 

  1. Biasanya Jika kaftan yang saya kenakan bahannya bercorak atau telah ditempel dengan hiasan accessories di bagian leher atau dada, maka saya tidak perlu lagi mengenakan tambahan accessories lain, seperti kalung.
  2. Saya selalu gunakan Sepasang Flat shoes atau sandal manik-manik karena menurut saya sepatu teplek (flatshoes) merupakan padanan terbaik untuk kaftan. Jika hobi mengenakan high heel, simpan dulu saja di rak sepatu.
  3. Untuk aksesorisnya biasanya saya kenakan Exotic bangle (gelang besar) serta cincin etnik untuk pemanis
  4. Yag terakhir bagi yang berkerudung dapat memilih kerudung berbahan tipis tanpa motif

 

So, ladies

Sudah siap berhari raya bersama keluarga atau berkunjung ke sahabat kita mengenakan kaftan? Sepertinya tidak perlu make up dan lipstic berlebih karena dengan kaftan semua terlihat cling.. 

 

 

Sumber Tulisan : berbagai artikel dan buku fashion

Sumber Gambar : google

 

 

 



Shopia Aradhu

No Comments Yet.