Jadi, Liburan Itu Kebersamaan Dengan Sosial Media atau Orang Terdekat Yaa ?


Wednesday, 13 Dec 2017


Sosial Media (Sosmed) sekarang ini jadi andalan banget untuk mengupdate moment berharga liburan atau jalan-jalan bareng dengan orang terdekat yang kita sayangi (sahabat, teman, pasangan maupun keluarga) dimanapun kapanpun update sosmed sepertinya sudah menjadi suatu keharusan di sebagian orang, benar nggak ?

Beberapa rekan saya yang aktif sosmed sempat saya tanya tentang apa sih tujuan mereka update liburan mereka di sosmed, rata-rata dari mereka menjawab  tujuan mereka mengupdate status atau upload foto-foto serta share lokasi liburan  di sosmed biasanya lebih kepada untuk menyimpan moment penting sebagai pengganti album foto (hardcopy) yang pernah hits di tahun 90-an dan selebihnya mereka mengatakan bahwa dengan mereka update sosmed ketika lagi jalan-jalan ada kepuasan tersendiri ketika teman mengomentari “aku sih senang ketika teman aku di sosmed ngomentarin postinganku seperti Waaah itu di daerah mana bagus banget, waaah senang ya jalan-jalan terus, iih..seru banget, Wah indah banget pemandangannya itu dimana dan beragam komentar lainnya  yang pasti membuat senang karena aku merasa diperhatikan orang lain, belum lagi jika banyak like yang diberikan tiap aku update sosmed liburan makin senang  karena kita merasa postingan kita di sosmed berhasil mendapat pengakuan dari teman-teman kalau liburan kita itu benar menyenangkan” kata Vita teman saya, yang sempat saya tanya tentang keaktifannya main sosmed.

Saya sendiri sempat pernah menjadi sosok perempuan yang aktif update sosial media tiap kali jalan-jalan. Mau liburan jauh atau dekat mau liburan yang murah atau yang agak mahal sedikit saya selalu update lho. Mulai update lokasi tempat wisata yang saya kunjungi, posting foto-foto makanan yang akan saya makan, update status “Liburan”, hingga upload foto-foto lokasi wisata, selfie, wefie dan foto tidak jelas lainnya pun saya update. Kalau diingat lagi suka malu sendiri saya eksis atau narsis ya, 3 hari liburan 3 hari juga teman-teman di sosmed saya timelinenya jadi rame dengan update postingan-postingan liburan yang saya bagikan. Hiiii..hiii..

Memang benar segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik ya Ladies, sampai suatu hari sayapun kena batunya, jadi waktu itu saya sempat liburan bareng pasangan, seperti biasa saya selalu update sosmed. Setibanya di lokasi wisata saya update, sampai lagi rafting pun saya masih sempat-sempatnya foto-foto selfie dan itu langsung saya update di sosmed, pasangan saya sudah mengatakan “sudah sih nanti aja foto-fotonya, sudah sih nanti aja update statusnya, sudah nanti aja pas sampe restoran update fotonya di sosmed masukin handphonenya kaya baru punya HP baru aja megang HP melulu” dan wejangan lainnya yang sempat saya senyumin ke dia sambil bilang “ nggak apa-apalah soalnya mumpung ada sinyal internet nanti sampai villa susah, jawab saya ke pasangan. Memang lokasi wisata kita itu di pedalaman daerah perkampungan jadi signal internet sulit didapat, sekalinya dapat langsung meluncur eksis di sosmed.

Naah...ketika saya sedang asik cekrak cekrek upload sosmed, seakan keharusan  gitu ya laporan ke teman-teman di sosmed akhirnya benar saja hal yang tidak menyenangkan pun terjadi, lagi asik update foto saya pun terpleset perahu karet yang mengakibatkan saya tercebur ke sungai dan hp sayapun basah sebasah-basahnya. Saya masih beruntung tidak sampai hanyut terbawa arus derasnya air sungai HP saya pun tidak sampai rusak hanya ngehang sebentar. Tapi dari pengalaman itu akhirnya saya mikir lagi, ternyata selama ini tiap kali liburan saya kerap membuat jengkel orang sekitar saya (mungkin) baik pasangan maupun keluarga  karena yaa..memang saya sadari liburan atau jalan-jalan saya bersama mereka jadi tidak maksimal bahagianya karena terlalu banyak ingin eksis di sosmed.

Lagi begini upload update, lagi begitu selalu upload dan update di sosmed, seakan seperti tidak ada lagi hari esok buat ngeshare foto, seakan wajib banget orang lain musti tahu saya sedang apa dan dimana, seakan dunia saya milik teman-teman di sosmed dan bukan milik orang terdekat yang sedang liburan bersama saya, sayapun jadi tidak menghargai diri saya sendiri padahal waktu Liburan atau jalan-jalan saya bareng pasangan atau keluarga itu adalah sesuatu yang jarang saya lakukan karena padatnya aktivitas sehari-hari, sekalinya liburan malah saya rusak dengan tingkah konyol saya hanya untuk sebuah pengakuan dari teman-teman saya di sosmed lewat like dan komentar mereka yang selalu saya balas satu-satu, padahal posisi saya seharusnya sedang asyiknya menikmati liburan dan kebersamaan dengan mereka yang tersayang. Sedih dan konyol juga kalau diingat lagi perilaku saya yang kala itu belum bisa menghargai diri sendiri dan orang  terdekat saya.

Sampai sekarang saya masih aktif sosial media lho.., TETAPI kini saya lebih bisa memposisikan diri kapan saya harus update upload di sosmed ketika liburan dan kapan saya harus menghargai waktu dan diri saya untuk menikmati metime saya saat liburan bersama pasangan, keluarga maupun sahabat-sahabat saya. Ini yang saya lakukan tiap kali liburan atau sekedar jalan-jalan bersama pasangan, keluarga maupun sahabat saat ini :

  1. Nikmati Liburan Kita. Membiasakan diri untuk sementara waktu saja tidak memegang handphone/gadget lainnya yang bisa merusak konsentrasi ketika liburan atau sedang melewati moment kebersamaan dengan orang terdekat. Saya berpikir, kini harus benar-benar menikmatinya dan memanfaatkan waktu yang berharga ini untuk membahagiakan diri saya yang mungkin di waktu sehari-hari jarang dan bahkan sulit saya rasa dan temukan. Jadi moment liburan adalah saatnya Trully Metime.
  2. Tetap update sosmed jika saya mau saja, Namun dilakukan latepost. Jadi tetap punya dokumentasi moment online. Saya bagikan di sosmednya belakangan saja ketika sudah posisi santai pada malam hari atau saya sering malah sekarang ketika sudah sampai dirumah baru saya posting foto liburan saya di sosmed.
  3. Foto-foto selfie yang berlebihan saya kurangi, Yaa..berpkir untuk apa juga terlalu banyak, tooh... muka saya tetap begini-gini juga nggak berubah mau angle kaya gimanapun heehee...lagi pula menuh-menuhin memory di handphone pastinya. Paling juga yang saya update di sosmed yang bagus-bagus aja kan.
  4. Banyakin Wefie daripada selfie dengan mereka yang tersayang. karena sekali lagi saya katakan ke diri saya “Moment itu mahal, nggak akan bisa diulangi dengan suasana, tempat, waktu dan orang yang sama jadi nikmatilah dan ciptakan kenangan bersama mereka yang sedang liburan bersama kita”.

Liburan adalah waktu saya untuk bisa mendekatkan diri bersama mereka yang saya sayangi dan menyegarkan pikiran saya serta harus bisa membahagiakan batin saya. Menurut saya inilah cara menghargai diri sendiri (Self Appreciation) sesungguhnya. Perkara liburan mahal di ongkos dan akomodasi sih sudah biasa ya, tetapi buat saya saat ini liburan itu sangat mahal nilainya di WAKTU nya Ladies, karena moment kebersamaan dan waktu membahagiakan diri sendiri tidak bisa diulang jadi ketika kita liburan, kita harus benar-benar menikmatinya.



Libra

No Comments Yet.