Intip Yuuk..Cantiknya Lembah Harau Di Sumatera Barat


Monday, 24 Jul 2017


Halooo Urbanesse, Indonesia memang memiliki banyak potensi wisata alam yang indah dan cantik-cantik salah satunya adalah destinasi wisata Lembah Harau yang ada di Sumatera Barat, tepatnya di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Koto. Berjarak 140 km ± dari Kota Padang dan -/+ 100km saja dari bandara minangkabau, sedangkan kalau saya dari pusat kota Payakumbuh kurang lebih hanya 15 km saja.

 

Kebetulan pada saat libur lebaran kemarin saya berkesempatan jalan-jalan kesana bersama keluarga besar saya. Lembah Harau merupakan lembah yang subur, merupakan cagar alam dengan air terjun, pemandangan disana cukup menarik mata saya yang kerap penat dengan beragam aktivitas sehari-hari.

 

Tiket masuk cagar alam yang eksotik ini nggak perlu pakai mahal cukup dengan Rp 5000 Urbanesse sudah bisa menikmati aroma hawa pegunungan yang menyejukkan. Pertama kali Memasuki lembah harau, mata saya dimanjakan suasana alam pengunungan yang luar biasa menggoda apalagi dengan pemandangan 5 buah air terjun ( sarasah) yang sangat besar dengan ketinggian ± 100 meter, Woow..indah sekali. Sambil jalan berkeliling mata saya tidak henti-hentinya disuguhkan oleh keindahan Lembah yang disebut-sebut oleh masyarakat sekitar sebagai tempat para bidadari yang turun dari kayangan untuk mandi-mandi di keempat sarasah atau air terjunnya ( sarasah aie luluih, sarasah bunta, sarasah murai dan sarasah aka barayun ).

 

Saya sempat ngobrol dengan orang sekitar, Konon Sarasah Aka Barayun dari legenda dalam masyarakat yang berada di sekitarnya Cagar Alam Lembah Harau dulunya adalah Laut. Diceritakan batu-batuan yang terdapat di sini adalah sejenis batu yang biasanya terdapat di dasar laut. Diantaranya dua dinding batu yang terjal, tergantung pada sebuah akar yang pada saat pasang naik terbenam dan waktu pasang surut nampak di atas air tergantung dan berayun-ayun ditiup angin. Kalau itu benar ceritanya keren juga ya saya membayangkan ada di dasar laut dengan tebing-tebing tinggi, membuat saya dan pengunjung disini seolah-olah mengecil karena tebingnya tinggi-tinggi sekali.

Mata saya kembali di buat terpesona dengan jurang tebing tinggi tegak lurus yang warna-warnanya hijau asli alami, konon tebing itu terbentuk dari pecahan bukit-bukit yang ada di daerah tersebut. Disana juga terdapat rumah gadang, yang menjadi ciri khas dari masyarakat  Minangkabau, cantik banget. Topografi Cagar Alam Harau adalah berbukit-bukit dan bergelombang. Tinggi dari permukaan laut adalah 500 sampai 850 meter, bukit tersebut antara lain adalah Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang.

 

Kalau melihat pemandangan sawah yang bagus mungkin sudah biasa ya Urbanesse, Naah...tapi disini saya bisa melihat sawah diantara lembah-lembah tinggi menjulang hingga 300 meter, menurut saya ini merupakan daya tarik tersendiri bagi saya dan wisatawan lainnya.

Buat kaum milenialls maupun Urbanesse yang hobby banget foto selfie kaya saya heehee, pastikan kamu bawa kamera yang memorynya masih banyak, karena sepulangnya dari sini memory foto camera maupun ponselmu akan penuh dengan foto-foto selfie dan pemandangan yang menakjubkan, gimana nggak disini kamu  bakal puas banget foto-foto karena banyaknya spot-spot yang instagramable. Buat kamu yang ingin menikmati suasana malam disanapun bisa, karena di kawasan ini pun terdapat homestay. Berhubung kemarin pulang pergi jadi saya tidak sempat mencoba menikmati malam di lembah harau, tapi pasti next time saya akan mengajak lagi keluarga saya untuk menginap di sana.

 

Lapar?nggak perlu khawatir, karena disana juga terdapat beberapa kedai makan pastinya khas tanah minang yang disuguhkan, jadi nggak perlu khawatir kelaparan. Hiihii... Jalan-jalan saya pun diakhiri dengan foto-foto wefie bersama keluarga. Kapan lagi melihat keindahan tebing yang tinggi-tinggi dari jarak dekat bukan? hiiihiii. Naah..Urbanesse, Lembah Harau ini mungkin bisa menjadi destinasi wisata pilihan yang perlu masuk list tujuan berwisata ketika kamu berkunjung ke Provinsi Sumatera Barat. Satu Kata saja untuk kunjungan saya berwisata ke Lembah Harau ini “Amazing!”.  

 

 

 



Shelvia Rusdiana

Wanita Kelahiran Bukittinggi ini berprofesi sebagai Advokat sekaligus Dosen salah satu Perguruan Tinggi di Batam dan Ibu dari 1 orang anak. Memiliki Passion Belajar Hukum. Memasak, membaca dan traveling ketempat wisata yang menarik adalah Hobbynya.

No Comments Yet.