Good Night Stories for Rebel Girls


Friday, 21 Apr 2017


Author                 : Elena Favilli, Francesca Cavallo

Year Released    : 2017

Age Group          : 4+

 

Menggelitik untuk diambil. Itu kesan pertama saya ketika melihat buku ini di rak toko. “Good Night Stories” terdengar manis, tetapi kelanjutannya… “Rebel Girls”? Hmm…Kedengarannya provokasi berkonotasi negatif, terutama untuk persepsi budaya Asia, dimana perempuan harusnya bersikap “inggih, mas” alias menurut. Maka, saya pun memutuskan untuk membuka lembar sampulnya… 

Menakjubkan dan menginspirasi. “Good Night Stories for Rebel Girls” benar-benar tercipta dari perempuan untuk perempuan. Buku ini memuat kiprah 100 wanita dari berbagai ras dan profesi yang hidup di berbagai jaman. Semua kisah dikemas dalam bahasa Inggris yang singkat dan mudah dimengerti, serta dihiasi oleh gambar-gambar memikat mata yang dihasilkan oleh 60 ilustrator perempuan dari seluruh dunia. Walaupun beraneka ragam, satu benang merah dari semua kisah tersebut; sosok wanita tangguh dan cerdas yang bisa menggapai impiannya tanpa harus menunggu pangeran berkuda putih untuk menyelamatkan mereka dari kesusahan hidup. Sebut saja Michelle Obama, American First Lady yang pada masa kecilnya tinggal di apartemen satu kamar dengan keluarganya dan selalu merasa ketakutan bahwa dirinya tidak cukup pintar, Maya Angelou sang penulis legendaris yang pada masa kecilnya pernah tidak berbicara sepatah katapun selama lima tahun karena takut kata-kata yang dia ucapkan akan menyakiti orang lain, Brenda Chapman, movie director di Walt Disney yang sejak kecil bercita-cita untuk selalu menggambar dan pada akhirnya sukses meraih Oscar dan Golden Globe awards untuk film animasi “Brave”. Masih banyak lagi kisah-kisah kemenangan perempuan lain yang mengharukan di dalam buku ini.

Saya pribadi sangat menyukai buku ini. Terlebih ketika membaca alasan kedua pengarangnya dalam menulis buku ini. Perjalanan mereka dalam berwirausaha menyadari pentingnya buat anak perempuan untuk tumbuh dikelilingi oleh role model perempuan, karena itu akan membuat mereka menjadi lebih percaya diri dalam menentukan tujuan hidup yang lebih besar. Kedua penulis buku ini meneliti bahwa 95% dari buku dan TV show tidak memiliki tokoh perempuan yang berperan penting, dan hal itu tidak berubah selama 20 tahun terakhir. Maka, mereka memutuskan untuk membuat suatu terobosan, dan terlahirlah buku ini.

Tidak hanya cocok untuk dibacakan untuk anak perempuan berusia 4 tahun ke atas, buku ini pun cocok dibacakan untuk anak laki-laki, supaya mereka bisa menghargai dan berempati terhadap perempuan. Bahkan, buku ini pun pantas untuk kita konsumsi sendiri, mengingatkan kita bahwa tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha keras. Bahkan, Seperti kata Michelle Obama, “Always stay true to yourself and never let what somebody else says distract you from your goals.”

 



Novia Heroanto

Bekerja sebagai desainer grafis dan ilustrator, profesi impiannya sejak kecil. Perempuan kelahiran 2 November ini menyukai seni, fashion, dan gemar berburu kuliner lezat. Novi menyukai musik Coldplay, John Legend, dan Depapepe. Warna favoritnya merah. Novi membantu memilih foto dan membuat ilustrasi untuk artikel-artike Urban Women.

No Comments Yet.