DIVIDE : Self Improvement Ed Sheeran di album ke-3


Wednesday, 08 Feb 2017


 

÷ atau Divide.

Demikian sebutan album terbaru Ed Sheeran, penyanyi dan pencipta lagu asal Inggris ini. Yup, Ed, sepertinya memang memiliki ciri khas memberi nama album dengan simbol – simbol matematika, seperti + (2011) dan X (2014). Melihat dari waktu peluncuran album, Ed juga memilih jeda 3 tahun untuk setiap albumnya. Kebetulan atau ada perhitungan khusus?

Divide, rencananya akan dirilis tanggal 3 Maret 2017 yang akan datang, namun pencinta Ed sudah terlebih dahulu dapat menikmati dua single pertama yang berjudul “Shape on You” dan “Castle on The Hill” sejak 5 Januari 2017. Perhitungan Ed sangat tepat karena dua single ini langsung masuk ke dalam TOP 40 UK Chart dan menduduki peringkat 1 dan 2. Fantastik ! Tidak hanya itu, 2 single ini juga menembus The Hot 100 Billboard, namun hanya “Shape on You” yang sanggup bertahan di peringkat 1, sedangkan “Castle on The Hill” terus mengalami penurunan peringkat.

Jika mendengarkan lagu “Shape on You”, nuansa tropical house akan sangat terasa. Intro di awal terdengar sangat familiar dan berbeda dengan musik – musik Ed di album sebelumnya. Menurut wawancaranya dengan BBC Radio 1 Breakfast Show, Ed mengungkapkan bahwa awalnya dia menciptakan lagu ini untuk Rihana. Namun Ed memiliki alasan tersendiri sehingga memutuskan untuk menyanyikan sendiri lagu “Shape on You”. Great decision, Ed !

Lagu “Castle on The Hill” bernuansa folk dan pop rock. Lagu ini bercerita tentang masa muda Ed dan teman – temannya.

When I was six years old I broke my leg
I was running from my brother and his friends

Fifteen years old and smoking hand-rolled cigarettes
Running from the law through the backfields and getting drunk with my friends

Bait – baitnya diawali dengan fase – fase yang telah dia lewati. Ed pun mengalami fase kenakalan anak – anak hingga remaja. Ketika sudah beranjak dewasa, Ed teringat kenangan – kenangan itu dan menyadari bahwa banyak perubahan yang sudah terjadi dengan teman – temannya.

One friend left to sell clothes
One works down by the coast
One had two kids but lives alone
One's brother overdosed
One's already on his second wife
One's just barely getting by

Ed mampu menulis lirik yang sederhana dan mengisahkan tentang hal yang sebenarnya sering terjadi di sekitar kita. Bahkan kisah di lagu “Castle on The Hill” bisa jadi kisah kita semua. Kita (mungkin) pernah mengalami fase “nakal”nya anak – anak dan remaja hingga akhirnya kita beranjak dewasa. Dan fase – fase tersebut berikut orang – orang yang pernah hadir di dalam kehidupan kita merupakan “atribut – atribut” yang membentuk diri kita hari ini.

But these people raised me and I can't wait to go home

Mendengar lagu ini, seolah mengingatkan penggemar Ed dengan kalimat “to travel the world and see everything I missed” yang pernah dia post di instagram pada 13 Desember 2015 dan menandai absennya di social media selama satu tahun. Nampaknya Ed benar – benar menikmati kevakumannya untuk hal – hal yang bersifat personal.

Ed Sheeran

Sumber : Instagram Ed Sheeran @teddysphotos

Overall, musik Ed masih konsisten dengan rootnya yang fun dan catchy. Mau tahu bocoran album Divide yang lain? Intip IG Ed @teddysphotos tentang 12 list lagu di album Divide :

  Divide Track List

1. "Eraser"
2. "Castle on the Hill"
3. "Dive"
4. "Shape of You"
5. "Perfect"
6. "Galway Girl"
7. "Happier"
8. "Hearts Don't Break Around Here"
9. "New Man"
10. "What Do I Know?"
11. "How Would You Feel (Paean)"
12. "Supermarket Flowers"

Urbanesse, Ed, rupanya sudah melakukan “Self Improvement” di album terbarunya. Sekarang giliran kamu ya.

https://www.youtube.com/watch?v=JGwWNGJdvx8

  



Vincentia Archi Persita Wulan Ari

I am passionate traveler. Travel formed me as much as my formal education. (David Rockefeller)

No Comments Yet.