Collateral Beauty: Keajaiban di Sekitar Kita


Thursday, 16 Feb 2017



Apa alasanmu melakukan segala sesuatu?

 

Banyak orang akan memberikan jawaban berbeda terhadap pertanyaan tersebut, masing-masing bervariasi dan tak sama. Bagi Howard Inlet (Will Smith), jawabannya adalah putri nya mati. Itu adalah jawabannya. Itu adalah alasan mengapa ia melakukan segala sesuatu yang dilakukannya, mengapa ia menjadi dirinya saat ini.
 

Setelah kehilangan putri nya, Howard— CEO Perusahaan Periklanan yang tadinya penuh semangat, percaya diri, dan karismatik— berubah 180 derajat dari dirinya yang dulu. Ia jadi minim bicara, mengabaikan teman-temannya, dan membiarkan perusahaannya terbengkalai. Ia kehilangan semangat untuk hidup. Dalam keadaan putus asa dan nyaris depresi, Howard mulai menulis surat. Bukan untuk teman, keluarga ataupun orang lain, melainkan untuk tiga alasan universal dalam hidup—Cinta, Waktu, dan Maut. Howard tak pernah menyangka surat-surat tersebut akan mendapat jawaban, namun apa yang didapatkannya jauh melebihi segala batas imajinasinya. Cinta, Waktu, dan Maut datang mengunjungi Howard secara personal, masing-masing membawa 'jawaban dari alam semesta' yang akan mengubah kehidupannya. 
 

 Collateral Beauty membawa kita dalam sebuah perjalanan menakjubkan untuk menemukan pelipuran dalam hidup. Kita akan mendengar lebih dalam tentang kisah Howard serta bagaimana hal itu menghubungkan Howard dengan orang-orang terdekatnya, yaitu sahabat-sahabatnya. Kita akan dituntun untuk melihat perjuangan Simon (Michael Peña); yang diam-diam bertarung melawan sebuah penyakit mematikan, Whit (Edward Norton); yang berusaha keras memperbaiki ikatan dengan putri nya, serta Claire (Kate Winslet); yang begitu mendambakan sebuah keluarga miliknya sendiri. Kisah mereka dijalin dengan begitu indah menjadi suatu pola mencengangkan yang tediri atas peristiwa-peristiwa penting di mana masing-masing dari mereka akan mendapat pelajaran berharga, dan tentunya jawaban atas perkara mereka selama ini.


Dengan penampilan memukau dari Helen Mirren sebagai personifikasi Maut, Keira Knightley sebagai Cinta, dan Jacob Latimore sebagai perwujudan Waktu, Collateral Beauty menjadi sebuah film yang wajib ditonton  saat musim liburan. Walaupun alur cerita nya terkesan agak rumit dan sedikit berlebihan di beberapa bagian, performa dari aktor dan aktris dalam film ini sangatlah menutupi kekurangan tersebut. Ini merupakan salah satu dari film liburan orisinil a la Hollywood dengan ide yang cukup mainstream, namun dikemas secara apik. Dengan gaya penyampaian yang mengingatkan kita akan The Christmas Carol, film ini mengajarkan suatu hal penting:
Hidup bukanlah sebuah Kekalahan. Seberapapun suram tampaknya, selalu ada kebaikan dalam hidup bila saja kita menyempatkan diri untuk melihat. Film ini juga mengingatkan untuk tidak pernah berhenti berjuang demi sesuatu yang kita yakini; karena apa yang kita inginkan belum tentu kita dapatkan, tetapi Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik jauh melebihi keinginan kita.


Film ini merupakan kombinasi yang pas antara drama, romansa, dan pelajaran kehidupan yang mau tidak mau membuat kita merevisi lagi cara pandang kita terhadap kehidupan, dan menemukan bahwa hidup tidak seburuk apa yang selama ini kita pikirkan. Kita hanya perlu memerhatikan keajaiban yang ada di sekitar kita dan pastikan  untuk melihat keindahan yang ada di sekeliling.



Millenia Adam

No Comments Yet.