Aroma Karsa - Dee Lestari


Friday, 30 Mar 2018


Hi Urbanesse! Sudahkah kamu membaca hari ini? 
 
Salah satu buku yang saya rekomendasikan adalah karya terbaru dari penulis fenomenal Dee Lestari yang berjudul "Aroma Karsa". 
 
Buku yang baru saja diterbitkan pada bulan Maret 2018 ini menarik sekali karena menampilkan unsur kepekaan indrawi, khususnya penciuman.
 
Mengisahkan seorang tokoh pria bernama Jati Wesi, seorang Hiperosmia (memiliki kemampuan mengeksplorasi aroma) yang hidup di TPA Bantar Gebang sebagai peracik parfum tiruan. Pada suatu ketika Ia tidak memiliki pilihan selain memenuhi keinginan perusahaan yang menuntutnya karena telah membuat formula parfum yang sama dengan merek lokal; bekerja sebagai peracik parfum custom di perusahaan kosmetik raksasa. 
 
Ia pikir hanya itu. 
 
Tetapi kehadirannya ternyata sudah diatur dan direncanakan oleh sang pimpinan perusahaan, Raras, untuk memuluskan niatnya mencari sebuah tanaman langka yang dianggap mitos: Puspa Karsa. 
 
Membuat Jati bertemu dengan Tanaya Suma, gadis dengan kemampuan indrawi sama yang Ia cintai, misi dan ekspedisi menemukan Puspa Karsa bukanlah langkah mudah. Ia harus menemukan aromanya dalam sebuah perjalanan pendakian ke Gunung Lawu, tanpa ditemani juru kunci setempat dan hanya mengandalkan kemampuan penciuman. 
 
Sekalipun ditemani dengan tim ilmuwan dan penjaga keamanan, ekspedisi ini terasa mustahil bagi Jati. Ia membuka pintu dimensi sisa kehidupan dari kerajaan kuno Majapahit yang banyak menyimpan misteri. 
 
Sebagai pembaca karya - karya Dee Lestari sebelumnya, saya rasa novel setebal 700 halaman ini tampil lebih kompleks; menghanyutkan dan meninggalkan kesan hingga halaman terakhir selesai dibaca. Gabungan fiksi dan sainsnya terbaca sebagai realita, bukan lagi menjadi cerita fiksi dengan plot rapat dan tokoh yang kuat. 
 
Saya menikmati momen mencium aroma yang dihadirkan melalui aksara oleh Dee Lestari, cocok untuk kamu yang ingin membaca hal - hal baru, Urbanesse. Risetnya yang kuat membuat pembacanya tidak hanya dapat menikmati rangkaian cerita menarik, tetapi juga menjadi pribadi yang lebih 'kaya'. Selamat membaca! 


Nathalie Indri

No Comments Yet.