Ajahn Brahm: Menemukan Kebahagiaan Yang Hilang


Thursday, 30 Mar 2017


Urbanesse pernah mendengar nama Ajahn Brahmavamso? Bagi penikmat buku motivasi kehidupan, nama ini akan terdengar sangat familiar. Ajahn Brahm dikenal karena buku best selling-nya "Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya". Pertama kali saya mengenal buku ini tahun 2012. Melihat cover nya saya pikir ini buku fiksi, melihat penulisnya ‘Oh, pasti isinya seputar motivasi kehidupan’. Sampai pada halaman terakhir saya baca, inilah kesimpulan saya: Buku ini adalah obat. Obat segala kegelisahan hati.

Sebagai penikmat segala genre buku, harus diakui saya banyak belajar tentang bagaimana memandang kehidupan dengan sudut pandang berbeda dari buku ini. Ajahn adalah kata lain dari guru, istilah bagi seorang Budhist. Kisah-kisah yang dia tuliskan mampu menginspirasi, terlepas dari fiksi atau nyata. Buku ini mengajarkan kita bahagia dengan cara paling sederhana. Meskipun ditulis oleh seorang Budhist, nyatanya seluruh aspek nilai dari seluruh kisah yang Ajahn Brahm sampaikan mampu menembus semua lapisan kalangan dan agama.

Kisah favorit saya ada pada buku seri ke dua dengan judul "Secarik Kertas Untuk Musuhmu". Kisah ini mengajarkan agar kita mampu melihat sesuatu yang indah dalam diri lawan. Membaca buku ini hanya mengantarkan kita untuk memilih kebahagiaan. Karena sejatinya, kebahagiaan itu hanya kita yang tau bagaimana menggapainya, apa ukurannya dan bagaimana merasakannya. Jika setelah membaca buku ini anda belum merasa bahagia, sepertinya ada yang salah pada diri anda :)



Nesiana Yuko Argina

No Comments Yet.