A Private War


Tuesday, 11 Jun 2019


A PRIVATE WAR

Sutradara: Matthew Heineman

Penulis  Skenario : Marie Brenner, Arash Amel

Pemain : Rosamund Pike (as Maria Colvin), Jamie Dornan (as Paul Conray), Stanley Tucci (as Tony shaw), Tom Hollander (as Sean Ryan), Alexandra Moen (as Zoe), Corey Johnson (as Norm Coburn), Raad Rawi (as Gaddafi), Hilton Mcrae (as Adam Watkins), Jeremie Laheurte (as Remi Ochlik)

Cinematography: Robert Richardson

Waktu: 106 menit

Bahasa :Inggris

Drama,  Perang

Cerita drama perang ini berdasarkan kisah nyata biografi seorang wartawan perang legendaris dunia  yaitu Maria Catherine Colvin (Rosamund Pike) wartawan Amerika serikat yang bekerja sebagai koresponden di luar negeri di surat kabar Britania, The Sunday Times berpusat di Inggris sejak tahun 1985 sampai meninggal dunia tahun 2012 di Homs Suriah  yang mempunyai reputasi pemberani dan bernyali meliput perang di garis depan.  film ini mengangkat realita kehidupan pribadi sang jurnalis perang secara profesional maupun pribadi  penggarapan film yang apik mampu menghadirkan gambaran realita kekejaman perang yang di alami warga sipil. Tangan dingin sang sutradara yang sudah berpengalaman di film-film dokumenter membawa Matthew Heinemen masuk nominasi Academy award sebagai sutradara terbaik, 2 nominasi Golden Globe Award 2019 kategori Artis drama terbaik untuk Rosamund Pike dan lagu Soudtrack film ini Anne Lennox “Requiem for A Private War”

Layak di tonton karena sarat pesan & Pelajaran hidup

Film ini luar biasa menginspirasi bagi penonton khususnya para wanita karena ketangguhan, keberanian, dedikasi tinggi terhadap pekerjaanya dan kerapuhannya sebagai seorang wanita…dia memberikan gambaran betapa penting dan beratnya peran jurnalis perang sebagai saksi mata dunia. seperti kutipannya “you’re never going to get to where you’re going if you acknowledge fear’’.

Pelajaran hidup yang dapat di temukan dari film ini diantaranya :

  1. Sebagai jurnalis Maria Covin Berani bersuara jujur adalah lebih baik daripada hidup dalam kebohongan,  untuk menggungkapkan kebenaran terhadap kaum kecil dan orang yang tidak berdaya sebagai korban perang tidak membuat berita untuk menyenangkan orang lain atau surat kabar hanya untuk oplah dan mencari pamor.
  2. Keberaniannya dan kegigihannya untuk mendapatkan berita utama tidak mudah dan sering mendapatkan banyak kendala di lapangan tapi Maria Covin tidak gampang menyerah sifat yang harus di tiru bermental baja.
  3. Kegagalan Maria Covin berumah tangga dan mengalami depresi menyadarkan kita khususnya saya pribadi bahwa menjadi pekerja wanita sekaligus ibu rumah tangga mempunyai tantangan tidak mudah, perlu keseimbangan hidup agar semua bisa di kerjakan dengan baik dan mempunyai gaya hidup yang sehat bagi kesehatan mental dan badan.  
  4. Ketakutannya tidak menyurutkan keberaniannya untuk maju melangkah karena dengan keberaniannya kita melihat banyak hal dalam hidup yang tidak bisa di lihat oleh orang lain. Dalam hidup kita jangan kalah terhadap ketakutan-ketakutan kita karena rasa takut tidak akan membawa kita kemana mana. “Be Kind & Have a courage’
  5. Perang pasti akan membawa banyak korban terutama rakyat. Kita bisa melihat perang saudara di srilangka, Irak, dan Suriah. Semoga hal yang sama tidak terjadi di Indonesia karena hakekatnya perang hanya membawa kesedihan dan penderitaan.
  6. Jangan pernah kehilangan jati diri kita jadilah terbaik di bidang sesuai passion kita, seperti yang dilakukan Tokoh Maria covin di film ini .

Film tersebut bisa di tonton di Bioskop atau kamu juga dapat menunggu tayang di aplikasi video berbayar lho seperti netflix viu dan lainnya, Selamat menonton Ladies.

 



Silfiani Dewi

No Comments Yet.