Ulasan Urban Women Talking Talk: Cerdas Memilih Pacar


Monday, 30 Nov -0001


Hi Urbanesse, Sabtu 12 November 20016, bertempat di Mama Rosy Restaurant kembali Urban Women menyelenggarakan Urban Women Talking Talk. Kali ini tema kita adalah “Cerdas Memilih Pacar.” Cara memilih pacar yang baik sangat diperlukan untuk mendapatkan pacar atau calon pasangan hidup yang ideal atau sesuai yang kita harapkan.
 

Urbanesse pasti berpikir “pacar yang saya punya harus perfect, dan saya harus menikah dengan si Mr. Perfect tersebut.” Memilih pacar yang sempurna, apakah ini sebuah keharusan? Jika pertanyaan tersebut harus anda jawab, haruskah? Pacar yang sempurna memiliki definisi yang berbeda tergantung tiap individu yang menerjemahkan kata tersebut. Ada yang mengartikan bahwa pacar yang sempurna itu adalah seorang yang memiliki fisik yang menarik, atletis/ seksi, kaya, cerdas, memiliki banyak perusahaan, titel yang tinggi dll. Namun ada yang mengartikan bahwa pacar yang sempurna adalah mereka yang bisa membuat nyaman, perhatian, penuh kasih sayang, romantis dll. Lalu pertanyaannya bagaimana cara memilihnya?

Banyak ladies di luar sana yang terjebak dengan paradigma, bahwa seorang pacar sudah pasti seorang calon suami dan ia haruslah “material” cowok yang perfect dunia dan akhirat.  Apakah itu salah?
 

Tidak ada yang salah dalam hal ini, Justru ketika ladies sedang berpikir tentang “Mr.Perfect” sebenarnya ladies sedang  membuat sebuah standar bagaimana tipe pria yang tepat untuk  menemani hidup kita kelak. Standar itu penting untuk menjaga kualitas pencarian kita terhadap  si “Mr. Perfect” tersebut. Artinya ketika memilih pacar perlu yang namanya STANDAR, yang perlu diingat dalam Standar ini, tidak ada yang sempurna di dunia ini termasuk pacar, kesempurnaan hanya milik Tuhan. Memang banyak yang sempurna jika kita melihatnya dari satu sudut pandang saja bayangkan saja banyak orang yang kaya, pandai, ganteng ataupun cantik, memiliki tubuh atletis ataupun seksi namun apakah mereka baik, penyayang, romantis. Dari satu sudut pandang lain banyak orang baik, penyayang, ramah, romantis namun apakah mereka ganteng atau cantik, apakah mereka kaya? Setiap manusia pasti memiliki segala kekurangan dan kelebihan dan itu merupakan hal yang pasti dan kita harus menghargai hal tersebut. Saya ingat pernah membaca petikan kata sebuah buku tentang Love Quotes "Pasangan sejati adalah Seseorang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan dan pasangan lain akan melengkapinya, cinta yang sempurna bukan terletak tentang kesempurnaan yang dimiliki oleh 2 pasangan, namun terletak bagaimana seorang bisa menghargai dan menerima ketidaksempurnaan yang lain dan mencintainya dengan cara yang sempurna". 

 

Ingatlah juga bahwah jika Ladies menetapkan standar dalam  mencari seseorang yang sempurna untuk mendampingi hidup ladies maka para pria pun demikian juga.  Jika ada ungkapan, "Seburuk-buruk lelaki, pasti memilih wanita yang baik untuk menjadi pendamping hidupnya", maka ungkapan ini benarlah adanya berlaku bagi pria dan wanita.


Urbanesse, pilihlah pria yang tidak hanya baik rupanya, tapi juga baik keimanannya. Fisik merupakan hal yang paling banyak dipertimbangkan oleh sebagian besar orang, karena seseorang pertama kali dihadapkan pada fisik. Seseorang yang jatuh cinta ketika bertemu dengan seseorang pertama kali, cintanya bisa disebut dengan 'cinta pada pandangan pertama'. Kenapa? Sebab pada pandangan pertama yang terlihat hanya sesuatu yang konkret, yang indah-indah, segala bentuk kelakuan buruk atau sifat asli dari seseorang tersebut belum terlihat. Bertahan atau tidaknya cinta pada pandangan pertama tergantung pada pribadi masing-masing. Tapi wanita  cerdas tidak akan tertipu oleh hal ini, dia mungkin terpesona melihat seseorang saat pertama bertemu, tapi selanjutnya muncul pertanyaan, bagaimanakah Keimanannya? Ingat bahwah ketika anda berdua masuk ke dalam perahu yang namanya pernikahan maka perlu yang namanya juru mudi. Tidak mungkin satu perahu memiliki 2 kemudi.
 

 

Wannita yang cerdas akan memilih  laki-laki yang pekerja keras dan mempunyai orientasi masa depan, sebab laki-laki yang mempunyai orientasi masa depan selalu bergerak maju. Mempunyai orientasi masa depan bukan berarti laki-laki yang mapan. Laki-laki yang mapan mungkin banyak, tapi yang mempunyai orientasi masa depan jarang. Lalu apa maksudnya dengan mempunyai orientasi masa depan? Orientasi masa depan, bisa digambarkan dengan pandangan hidup kedepannya yang terstruktur dan sistematis, jelas cita-cita dan tujuan hidupnya, Misalnya dalam berwirausaha, setelah usaha ini berhasil, saya akan mengembangkan usaha yang ini, lalu saya akan melakukan ini, dan bla bla. Jadi laki-laki yang mempunyai orientasi masa depan di sini, selalu pandai membaca peluang, mempunyai visi dan misi untuk mencapai kehidupan masa depan yang lebih baik, dan tentunya punya sikap optimis, tidak hanya mimpi-mimpi kosong belaka. Kalau di kalangan kampus, seseorang yang mempunyai orientasi masa depan bisa digambarkan dengan mahasiswa yang haus prestasi. Seseorang yang selalu ingin berprestasi, pasti tahu cara mewujudkan impiannya.

 
 

Urbanesse dalam memilih calon pacar, dan terkadang hal ini ditempatkan pada urutan pertama. Berpendidikan. Tak jarang seseorang wanita memilih calon suami yang pendidikannya minimal setara dengannya. Jika S1, ya, dia juga menginginkan calon suami yang berpendidikan minimal S1. Sebab hal ini akan mempengaruhi komunikasi ke depannya, nyambung apa enggak.
 

 

Perlu menjadi catatan, jika ada seorang wanita yang memilih calon pacar yang mapan, belum tentu wanita tersebut matre. Karena wanita tidak hanya memikirkan kehidupannya sendiri ke depannya, tapi juga memikirkan kehidupan anak-anaknya, memastikan anak-anaknya mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Bagaimanapun juga jika pondasi ekonomi rumah tangga tersebut tidak kokoh, bisa dipastikan yang jadi korbannya adalah anak-anak.
 

 

Di akhir diskusi kami sepakat bahwa punya kriteria yang bagus tentang pasangan idaman bukanlah hal yang buruk. Ada kalanya kita memang harus menetapkan standar tersendiri agar tidak mudah kecewa. Pastinya, kita ingin punya pasangan yang berkualitas baik kan? Tidak ada salahnya menentukan kriteria yang baik untuk calon pasangan itu. Yang penting kita berusaha dulu. Masalah jodohnya dengan siapa, itu pasti yang terbaik bagi kita dan sebenarnya tidak jauh dari sosok yang kita dambakan. 

 

So Urbanesse, Ingat,ingat,ingat…… jangan menyerah, tetap berusaha dan berserah kepada Tuhan.

 



Admin Urban Women

No Comments Yet.