Tujuan Hidup


Monday, 30 Nov -0001


"Bahagia berarti tahu tujuan hidup kita", more or less, ungkapan itu dinyatakan oleh Desi Anwar sesaat setelah saya berkesempatan bertemu dan berbincang dengannya di tempat kerja.

Bukan lagi menjadi sebuah rumor, bahwa manusia kini sering memenuhi pikirannya dengan hal - hal rumit, yang, tentu saja membuat hidupnya lebih complicated. Hingga rasanya waktu 24 jam tidak cukup untuk melakukan berbagai aiktifitas sehari - hari. Manusia berkejaran dengan waktu, berusaha mencapai 'goal' yang seakan - akan berada jauh dari genggaman tangannya.

Seringkali kita mengandaikan definisi bahagia dengan sejuta syarat, "akan bahagia kalau..." atau "akan bahagia seandainya.."

Padahal esensi dan definisi bahagia adalah menjalani proses hidup dan tahu tujuan kita. Mengerti apa yang kita lakukan dan bahagia karenanya. Life is as simple as that, tapi seringkali kita membenturkan diri dengan segala kemungkinan - kemungkinan yang mengerikan yang membuat mimpi cepat rapuh dan akhirnya tidak terwujud; kandas di tengah jalan.

Lalu apa yang bisa kita lakukan?

Menyediakan waktu untuk menikmati kesendirian, merasa bahagia karenanya, dan memikirkan kembali 'goal' hidup kita. Ingin bermanfaat bagi orang lain; working life balance; finding our true love; atau mengejar strata pendidikan sebelum menyentuh waktu usia tertentu. Which one are you?

Ya. Memang akan lebih sulit berhadapan dengan diri sendiri ketimbang mengenali kepribadian dan tujuan hidup orang lain. Tapi kita masih punya banyak waktu untuk mewujudkannya.

*Inspired by Desi Anwar's book, 'Simple Life'



Nathalie Indri

No Comments Yet.