The Powerful Weopon


Monday, 30 Nov -0001


 

Industri kecantikan semakin dimeriahkan dengan aneka ragam parfum, dari aroma buah yang fresh, floral yang lembut, woody yang sederhana, hingga gourmand yang manis seperti wangi coklat dan caramel.

 

 

Seperti halnya pakaian dan accessories, masing-masing wanita memiliki standard, kebiasaan dan tujuan yang berbeda-beda dalam memperlakukan parfum. Ada yang menggunakan parfum tanpa menggantinya sejak umur 16 tahun karena ingin dikenang  sebagai pribadi yang khas, hingga timbul komentar seperti.. “wah.. harumnya Shopia banget..!”. Ada juga yang hobi berganti-ganti parfum disesuaikan trend, mood atau acara baik pagi, siang maupun malam. Namun sebagian besar wanita setelah mencoba berbagai parfum pada akhirnya akan  berhenti manakala memperoleh aroma yang cocok dengan usia dan kepribadiannya.

 

Bagaimana cara kita tahu bahwa parfum yang kita beli aromanya akan bertahan lama? Lihatlah level konsentrat-nya. Semakin tinggi konsentrasinya, semakin lama wanginya bertahan. Urutan konsentrasi wewangian dalam sebuah parfum ada lima yaitu :

Parfume


Merupakan jenis wewangian yang memiliki konsentrat paling tinggi dan tidak cepat menguap. Kandungannya terdiri dari 20% hingga 40% konsentrat bahan wewangian tanpa minyak tambahan. Hanya dengan mengoleskannya saja pada titik-titik tertentu, aromanya bisa bertahan hingga 2-3 hari. Biasanya dikemas dalam botol-botol eksklusif yang elegan.

 

Eau de parfume


konsentrat bahan wewangiannya sebanyak 8% hingga 16%, dengan kadar alkohol yang sedikit, sehingga mampu bertahan hingga 6 jam. Jenis ini cocok untuk aktifitas sehari-hari.



 Eau de toilette

 

Konsentrat bahan wewangiannya berkisar 4% hingga 8% dan memiliki kadar alkohol yang tinggi, sehingga aroma wanginya cukup ringan  dengan waktu bertahan tidak lebih dari 4 jam. Jenis ini cocok digunakan untuk acara yang tidak membutuhkan waktu yang lama seperti kencan atau ngopi sore bareng sahabat.

 

 Eau de cologne

 

 Di antara ketiga golongan wewangian di atas, wangi cologne adalah yang paling ringan karena mengandung kadar alkohol paling tinggi dengan konsentrat wewangian tidak lebih dari 4% saja. Wanginya pun hanya bertahan sekitar 2-3 jam. Di pasaran biasa dikenal sebagai Body Mist, Body Spray atau Body Splash.

 

Ingatlah, parfum bukan untuk disemprotkan di baju namun di tubuh anda. Lalu, dibagian tubuh manakah parfum dapat disemprotkan agar tahan lama?

Menurut ahli, ada 5 area di tubuh kita yang dapat kita pilih yaitu :

1.   Area di belakang telinga

2.   Bagian bawah punggung ; dipercaya dapat menyebarkan aroma parfum ketika berjalan

3.   Dibagian rambut ;  pasti wangi sekali ketika anda menyibakkan rambut

4.   Lipatan siku dan lutut

5.   Sekitar perut / Pusar

 

 Di atas semua itu, ada satu pesan dari Coco Chanel :


 “where should one wear perfume? Wherever one wants tobe kissed”

 


Selanjutnya… terserah anda. 

 

 



Shopia Aradhu

No Comments Yet.