The Big Short


Monday, 30 Nov -0001


Christian Bale, Ryan Gosling, dan Brad Pitt, adalah para aktor ganteng yang dapat kita lihat di film ini. Biasanya kita melihat peran mereka yang penuh dengan aksi laga, tapi film yang satu ini sangat berbeda. Mereke bertiga ditambah dengan Steve Carell memerankan karyawan yang ahli dalam pekerjaannya di bidang ekonomi. 

Film ini disadur dari kisah nyata yang terjadi di United States yaitu resesi ekonomi di tahun 2005 sampai 2008, yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Namun ada beberapa orang yang dapat memprediksi sebelumnya bahwa akan terjadi kredit macet di bidang properti, yang pada saat itu diyakini bidang tersebut tidak akan pernah terkendala. 

Empat orang inilah yang benar-benar mengerti membaca angka dan melakukan pekerjaan mereka lebih baik daripada yang lain. Mereka memprediksi dan mereka melakukan pencegahan. Setahun sebelum resesi terjadi mereka mengajukan CDS (Credit Default Swap), penjelasan gampangnya adalah A mengasuransikan uangnya yang berbentuk obligasi ke firma keuangan dengan membayar premi per bulannya, jika suatu hari keadaan ekonomi terpuruk dan firma keuangan tersebut mengalami kerugian, sesuai dengan aturan mereka harus mengembalikan uang asuransi si A secara penuh. Mereka tahu dan mereka mendapat keuntungan di mana yang lain menderita. Lalu apakah ini berarti mereka berempat adalah penjahatnya?? Nah Urbanesse sendiri yang memutuskan =)

Jangan kuatir dengan istilah-istilah ekonomi di film ini karena akan dijelaskan dengan ilustratif yang sederhana dan menyenangkan oleh para cameo di film ini, seperti artis Margot Robbie dan Selena Gomes.

Walaupun ini hanya sebuah film tapi bisa menambah wawasan para penontonnya dan mengingatkan kita lagi dengan pelajaran moral yang bisa didapat dari film ini. Kearoganan, konspirasi, dan keangkuhan hanya akan membawa bencana.

 

Film ini mendapat rating tinggi di rottentomatoes.com dan imdb.com juga banyak mendapat kritik positif dari pengamat film. Jadi jangan tunggu lagi, langsung tonton The Big Short.


 


Annie Claire

No Comments Yet.