Ronin 47


Monday, 30 Nov -0001


Hai Urbanesse, uda nonton 47 Ronin? Kalau belum, nonton deh! Dijamin ga bakal nyesel, filmnya bagus, banyak hal yang didapet di sini. Oh iya, awalnya kurang tertarik, tapi pas tau terinspirasi dari kisah nyata, langsung deh mau nonton.

 

Lord Asano (Min Tanaka), penguasa wilayah Ako, difitnah oleh Lord Kira (Tadanobu Asano), fitnahan tersebut menyebabkan Lord Asano mendapat hukuman mati dari Shogun Tokugawa Tsunayoshi (Cary-Hiroyuki Tagawa). Atas jasa-jasa Lord Asano, Shogun memberi kesempatan kepada Lord Asano meninggal terhormat, yaitu dengan cara Seppuku atau biasa lebih dikenal di sini sebagai Harakiri[1]. Kematian Lord Asano inilah yang menyebabkan ke 47 samurai tersebut menjadi Ronin[2]. Kejadiannya berlatar belakang Jepang abad ke-18.  Sejak kematian Lord Asano, keadaan Ako menjadi berantakan, Princess Mika (Kou Shibasaki), putri Lord Asano, dinikahkan dengan Lord Kira, padahal sebenarnya Princess Mika dan Kai (Keanu Reeves) saling mencintai. Para Ronin dipisahkan dari Oishi (Hiroyuki Sanada) yang merupakan pemimpin dari Ronin tersebut. Namun Oishi tidak tinggal diam, setelah kembali dari pengasingannya selama setahun, Oishi mulai bergerak untuk merebut kembali kehormatan yang dulu pernah mereka miliki, juga sebagai bukti kesetiaan mereka terhadap Lord Asano.

 

Banyak pelajaran yang saya dapat dari film ini, mulai dari awal film ini, hingga selesai. Film ini mengajarkan saya tentang integritas, kesetiaan, kehormatan, kepercayaan, ketulusan, kebaikan, kemurahan, gigih dan pantang menyerah, tetap semangat walaupun keadaan sekitar terlihat sangat mustahil, bagaimana mencintai dan menghargai diri sendiri akan sangat membantu mengalahkan hal-hal buruk dari orang sekitar yang dapat sangat menjatuhkan, tentang keserakahan yang dapat membuat seseorang mau melakukan apa saja untuk mendapatkan yang diinginkan. Bagaimana dengan Urbanesse sendiri? Mungkin ada lebih banyak lagi hal yang didapat setelah menonton film ini. Setelah nonton, share yaa dapet apa aja selama nonton, selain cuci mata karena keindahan pemandangan, Kai, Oishi dan Chikara (Jin Akanishi), hehe. Psst, walaupun Seppuku atau Harakiri adalah cara bunuh diri yang terhormat menurut ada Jepang, jangan sampai disalahartikan yaa, karena masih ada cara lain untuk menyelesaikan masalah, ada seribu jalan menuju Roma ;).



[1] Ritual bunuh diri untuk Samurai, hal ini lebih terhormat bagi seorang Samurai dibandingkan mati di tangan musuh, atau mendapat hukuman mati karena dianggap bersalah.
[2] Samurai tidak bertuan


Unknown

No Comments Yet.