Pura Ulun Danu, Bali


Monday, 30 Nov -0001


Pura Ulun Danu merupakan salah satu obyek wisata di Pulau Dewata. Apa yang menjadikan tempat ini menarik bagi wisatawan? Nah, coba Urbanesse perhatikan lembaran uang Rp 50.000. Pura Ulun Danu merupakan tempat wisata yang menjadi icon lembaran Rp 50.000 tersebut.

Lokasi Pura Ulun Danu berada di daerah Beratan, Bedugul. Terletak di ketinggian 1239 meter di atas permukaan laut menjadikan tempat ini terasa sejuk. Suhu rata – rata di daerah ini di bawah 25 derajat Celsius. Tampak pepohonan dan bukit yang hijau mengelilingi daerah ini

Ulun Danu 1 

Pura Ulun Danu merupakan pura terbesar kedua setelah Pura Besakih. Bangunan pura memiliki ciri khas Bali yang jumlah atapnya memiliki jumlah tingkat yang berbeda–beda. Ada pura dengan atap tingkat 11 (pemujaan untuk Dewa Wisnu), atap tingkat 7 (pemujaan untuk Dewa Brahma) dan atap tingkat 3 (Dewa Siwa). Tiga dewa ini dikenal sebagai Dewa Trimurti.   

Ulun Danu 2 

Apa sebenarnya arti nama Ulun Danu? Danu dalam bahasa Bali berarti air, sungai atau danau. Pura ini digunakan untuk pemujaan kepada Dewi Danu sebagai dewi pemberi kesuburan. Pura Ulun Danu dibangun pada tahun 1633 oleh I Gusti Agung Putu, Raja dari Kerajaan Mengwi.

Sekitar pura terdapat Danau Beratan. Beratan diambil dari nama daerah tersebut. Danau ini merupakan danau terbesar kedua di Bali setelah Danau Batur. Danau Beratan merupakan bagian dari kawah Gunung Catur. Danau ini memiliki fungsi penting bagi masyarakat sekitar karena menjadi pemenuhan irigasi.

Urbanesse bisa mencoba menyewa perahu untuk mengelilingi Danau Beratan. Tidak sedikit pengunjung yang datang untuk beristirahat dan bersantai bersama keluarga. Di area Pura Ulun Danu terdapat penjual souvenir khas Bali dan rumah makan, sehingga pengunjung bisa menikmati santap siang sambil berbelanja. Nah, Urbanesse bisa mempraktekkan ilmu tawar menawar di sini.

Finally, jangan lupa berpose dengan background Pura Ulun Danu seperti di dalam gambar uang Rp 50.000. Happy holiday !

Ulun Danu 3 



Vincentia Archi Persita Wulan Ari

I am passionate traveler. Travel formed me as much as my formal education. (David Rockefeller)

No Comments Yet.