PANORAMA 360: Aplikasi Menyenangkan Buat Si Pecinta Fotografi


Monday, 30 Nov -0001


Bagi pencinta fotografi, mungkin istilah panorama terdengar familiar. Panorama yang sudah umum adalah fitur untuk memperoleh gambar landscape yang lebih lebar atau luas. Namun yang sedang happening saat ini adalah panorama 360.
 

TeleportMe Inc sebuah perusahaan berbasis teknologi yang berfokus pada penggabungan dunia fotografi dengan storytelling untuk membantu menginspirasi dan menghubungkan orang – orang dari berbagai macam belahan dunia. Perusahaan ini memiliki kantor pusat di India. TeleportMe Inc merilis aplikasi Panorama 360 pada tahun 2010. Namun, aplikasi ini menjadi tren setelah peluncuran kamera 360 berbentuk seperti  bola dari berbagai vendor di tahun 2016.
 

Panorama 360 adalah pilihan terbaik bagi pengguna ponsel android untuk mencoba mengabadikan momen dengan fitur 360. Pengguna bisa mendownload aplikasi ini di Play Store.
 

Panorama 360



Bagaimana cara kerjanya?

  1. Tekan tombol kamera

Panorama 360

  1. Pilih jenis gambar yang akan dihasilkan. Terdapat 3 pilihan : Standard, Manual, dan Realtime. Bagi pengguna baru, sebaiknya memilih gambar yang standard. Setelah mulai terbiasa dengan aplikasi ini, pengguna dapat bereksplorasi menggunakan pilihan manual dan realtime.
  2. Arahkan kamera dengan posisi tegak, dan tekan tombol start. Ikuti garis yang otomatis muncul di layar. Arahkan perlahan – lahan menuju satu titik hingga tepat mengenai focus kamera. Gerakan bisa 180 derajat ataupun 360 derajat, sesuai kebutuhan. Apabila pengambilan gambar dilakukan dengan terburu – buru maka hasilnya akan blur.
  3. Setelah selesai, tekan tombol done. Panorama 360 akan memproses hasilnya dan pengguna dapat menyimpan gambar atau membagikannya di twitter, facebook dan tumblr.


Panorama 360

Panorama 369 juga memberikan fitur pemberian efek hasil gambar seperti di bawah ini :

Efek Hujan

Panorama 360

Efek Salju

Panorama 360

Efek Kabut

Panorama 360

Pengguna juga dapat menjelajah berbagai melalui postingan dari pengguna yang lainnya.

Panorama 360




Panorama 360 tidak hanya sekedar aplikasi, tapi juga ajang pertemuan bagi para pengguna layaknya sosial media lainnya. Pengguna dapat mengikuti akun dari pengguna lainnya, begitu juga sebaliknya.

 

Panorama 360

 

Kendala yang dihadapi ketika menggunakan aplikasi ini adalah ketidakstabilan penggambilan gambar. Ketika badan berputar untuk merekam gambar, terkadang tangan goyang dalam memegang kamera. Akibatnya, hasil foto akan terlihat tidak sinkron (salah satu bagian lebih tinggi/rendah dibandingkan yang lainnya). Apabila kesulitan, pengguna dapat menggunakan alat bantu tripod untuk mengurangi efek goyang.

Sebaiknya, pengambilan gambar dilakukan di tempat yang mendapat cahaya yang cukup agar warna foto merata. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pengguna harus membiasakan diri dan banyak berlatih. Practise makes perfect


Ladies, share your world, discover unique places, contribute and inspire people with your photos
.



Vincentia Archi Persita Wulan Ari

I am passionate traveler. Travel formed me as much as my formal education. (David Rockefeller)

No Comments Yet.