Oleh-oleh Unik dari Garut


Monday, 30 Nov -0001


Garut..

Kota kecil sejuta cerita, begitulah penduduk Garut menjuluki kota kelahirannya.

Garut adalah tempat dimana aku dilahirkan, dan dibesarkan. Dulu Garut adalah kota yang menurut orang-orang termasuk dalam wilayah dingin. Ya bagaimana gak dingin, Garut kan dikelilingi beberapa gunung yang juga masih aktif. Seperti Gunung Guntur, Gunung Papandayan, dll.


Meskipun Garut  dikelilingi beberapa gunung, Garut juga memilliki beberapa objek wisata daratan rendah. Seperti Pantai Pamengpeuk, Pantai Sayang Heulang, Pantai Rancabuaya, dll.

Oke, mungkin untuk wisata Garut memang memiliki berbagai tempat wisata yang memang tak kalah menarik darin kota kota lainnya di Indonesia.


Kalo banyak tempat wisata, tentunya kuliner juga tak kalah banyak dong?

Garut memang memiliki berbagai macam kuliner yang sangat menarik untuk dicoba.

Termasuk oleh-oleh khas Garut nya. Oleh-oleh Garut yang paling terkenal adalah DODOL GARUT.

Selain rasanya legit, dodol garut juga ada beberapa macam varian rasanya. Dari mulai dodol duren, dodol nangka, dodol kacang, dan masih banyak lagi.

Kini ada lagi varian dodol garut yang paling fenomenal (hehe),yaitu chocodot.

Ide pembuatan chocodot ini terbilang cukup unik. Karena pada saat itu, Kiki Gumelar (seorang pembuat roti dan cokelat) tidak sengaja menjatuhkan dodol kedalam adonan coklat. Dan pada saat itulah, muncul ide menjadikan dodol sebagai isian coklat. Hasilnya pun sangat memuaskan. Perpaduan antara legitnya dodol bercampur dengan manisnya coklat terasa sangat pas di lidah ketika digigit.


Nama chocodot sendiri merupakan singkatan dari “Cokelat With Dodol Garut”.  Dan kini telah berubah menjadi “Indonesian Chocolate”. Kenapa berubah? Karena sang pembuat cokelat ini ingin memperkenalkan pada dunia, bahwa Indonesia pun memiliki cokelat yang tak kalah lezatnya dengan cokelat buatan luar negeri.


Mengenai rasa, chocodot ini memiliki berbagai macam rasa dengan nama yang terbilang sangat unik.

Ada “Coklat Anti Galau”, “Coklat Cetar Membahana”, “Coklat Enteng Jodoh” dll.

sumber: google.com

Unik bukan?

Dari mulai ide pembuatan, hingga nama macam macam cokelatnya pun begitu unik. Tak heran, kini chocodot menjadi buruan para wisatawan lokal ketika mereka melakukan kunjungan ke kota Garut.

Chocodot sendiri kini tersedia di beberapa gerai oleh-oleh di Kota Garut. Yaitu di sekitar Jalan Otista, Siliwangi, dan Sukaregang.

Karena sudah tidak sulit lagi mencari gerai oleh-oleh yang menjual “cokelat unik” ini.

Pokoknya ketika ke Garut, selain wisata dan kuliner khas Garut lainnya, chocodot adalah cemilan khas Garut yang tidak boleh dilewatkan juga..

 

 



Herda Ayudiana

No Comments Yet.