Mbah Jingkrak Setiabudi (MJS)


Monday, 30 Nov -0001


Urbanesse, apakah bosan dengan makanan fast food dan cafe – café modern di Jakarta? Tempat makan yang satu ini patut dicoba.

Rumah makan Mbak Jingkrak Setiabudi (MJS) terletak di dekat Four Season Hotel, berdiri sejak tahun 2008 yang merupakan cabang dari rumah makan Mbah Jingkrak Semarang. Berbentuk rumah kuno tahun 1950-an, dengan desain unik berkonsep Jawa. Menyajikan banyak menu masakan Jawa namun dengan versi pedas.

Sebuah patung diletakkan di depan rumah makan. Patung mbah jingkrak menjadi icon dari rumah makan ini. Apa itu jingkrak? Jingkrak dalam bahasa Jawa berarti melompat – lompat karena senang.

Memasuki rumah makan MJS, pengunjung mendapat welcome drink unik berupa jamu tradisional seperti kunyit asam atau beras kencur. Menu makanan yang bisa dipesan terletak di sebelah kanan pintu masuk. Pengunjung tidak dapat mengambil makanan sendiri, melainkan pelayan akan mencatat dan mengantar pesanan kita. Beberapa menu yang ada akan dipanaskan terlebih dahulu agar lebih nikmat disantap.

MJS 1 

Jika memilih tempat di luar, maka di dekat jembatan kecil di dalam restoran, kita dapat melihat satu tandan pisang menggantung yang dipeluk boneka monyet. Pisang ini bisa dimakan dan gratis. Syaratnya cuma satu : jangan berebut sama yang punya pisang.

MJS 2 

Setelah melewati jembatan kecil ini, kita bisa memilih tempat duduk sesuai selera. Semua tempat terasa sejuk karena berada di bawah pepohonan yang rindang. Rasanya seperti berasa di rumah pedesaan. Beberapa spot di sini memang unik dan mengasah imajinasi kita. Contohnya, kursi goyang yang ditempatkan di samping kolam dengan air yang jernih. Imajinasi saya, berada di gondola Venice sambil menyantap masakan Jawa. Apa imajinasi Urbanesse?

MJS 3

Desain interiornya penuh dengan koleksi – koleksi unik, seperti seterika arang, topeng, kipas, wayang, topi, botol kecap hingga kupu – kupu yang diawetkan.

MJS 4 

Berikut ini merupakan salah satu tempat duduk yang bisa dipilih pengunjung dengan latar belakang wayang lengkap dengan gunungan dan tokoh – tokoh wayang di kanan kiri gunung. Ada yang tahu mana tokoh Semar?

MJS 5 

Ini adalah koleksi botol kecap. Botol – botol kecap yang dikumpulkan di sini bukan sembarangan botol. Botol – botol kecap ini dikumpulkan dari berbagai kota di Indonesia.

MJS 5 

Keunikan dari rumah makan MJS belum selesai. Menu minuman yang ditawarkan memiliki nama – nama yang ‘tidak biasa’. Namun jangan khawatir salah memesan minuman, karena deskripsi dari minuman tersebut tercantum di daftar menu.

MJS 6 

Ini yang disebut Es Samudra, perpaduan antara pepsi blue, syrup lecy, melon, rumput laut dan selasih.

MJS 7 

The last but not the least, bagaimana harganya?

Harga yang dibanderol untuk makanan dan minuman berkisar antara Rp 10.000 – Rp 30.000 per menu. Mau sesuatu yang beda dengan harga terjangkau? Cobain Mbah Jingkrak Setiabudi.

 

Mbah Jingkrak Setiabudi (MJS)

Jl. Setiabudi Tengah No. 11, Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 10220
Telp    : +62 21 5252605

Hours : 10.00 am – 10.30 pm (everyday)

www.mbahjingkrak-setiabudi.com

 



Vincentia Archi Persita Wulan Ari

I am passionate traveler. Travel formed me as much as my formal education. (David Rockefeller)

No Comments Yet.