Manfaat Mentimun Bagi Kecantikan


Monday, 30 Nov -0001


Tahukah kita, bahwa mentimun atau ketimun yang sering kita jumpai pada lalapan,termasuk dalam suku labu- labuan (Cucurbitaceae) atau merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan.


Kandungannya sendiri terdiri dari 95% air, sehingga berguna untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik dan lembab. Selain dari itu, juga mengandung sodium, rendah lemak jenuh, kolesterol, Vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor dan magnesium. Tingginya kalium, folat, karbohidrat, seng, Vitamin C dan Vitamin K, yang membantu untuk menjaga kesehatan tubuh serta dapat mengobati penyakit dan meningkatkan proses dalam tubuh.


Tanpa kita sadari, buah yang sering kita temui sehari-hari ketika kita di pasar tradisional, swalayan, ataupun ketika kita makan di restoran ini, banyak sekali manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan kulit dan rambut kita. Berikut adalah beberapa manfaatnya :

·     
Mengurangi lingkaran hitam pada mata

Tempelkan 2 irisan mentimun pada kedua mata, lalu diamkan 20 menit, atau kita juga bisa merendam 2 bola kapas dalam jus mentimun dan letakkan pada kedua mata.

·     
Mengurangi bintik hitam

Parutan mentimun di leher dan wajah.

·     
Mencegah kerutan pada kulit

Rutinlah menempelkan mentimun pada kulit.

·     
Mengencangkan kulit

·     
Peremajaan pada kulit

Dengan menambahkan jus mentimun dengan beberapa tetes jus lemon, dan gunakanlah sebagai masker wajah.

·     
Membuang selulit pada paha

Campurkan beberapa sendok kopi bubuk, jus mentimun dan madu untuk membuat pasta tebal, terapkan ini pada daerah yang terkena selulit, bungkus dengan kain muslin dan kelupas secara perlahan setelah 30 menit.

·     
Mengobati pori-pori terbuka terbuka

Ekstraknya digunakan sebagai toner, dan bisa kita campur dengan cuka sari apel, bubur tomat dan gel Lidah Buaya agar bisa menjadi lebih efektif.

·     
Memperkuat rambut

Rutin minum jus mentimun setiap hari baik untuk mengontrol kerontokan rambut, karena kandungan silikon, sulfur sodium, fosfor dan kalsiumnya yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut.

·     
Mengkilapkan rambut

Dapat digunakan untuk membilas rambut, sehingga rambut menjadi halus dan mengkilap.

 

Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan pastilah tidak baik, sama seperti menggunakan atau mengkonsumsi buah mentimun ini. Karena terkadang dapat menimbulkan keracunan dan kebotakan karena mengandung bahan kimi tertentu jika berlebihan.Hendaklah sebaiknya menghindari memilih mentimun yang berkulit keriput dan memiliki rasa agak pahit.

Karena manfaat dari buah ini banyak sekali untuk kulit wajah, maka baik sekali bila kita rutin menggunakan masker wajah dari mentimun.


Berikut cara membuatnya:

1. Siapkan 1 hingga 2 mentimun yang telah dicuci bersih, dan matang

2. Siapkan air jeruk nipis dan putih telor

3. Haluskan buah mentimun dengan diblender

4.Saringlah dan buang ampasnya

5.Tambahkan air perasan jeruk nipis pada jus mentimun, lalu aduk rata

6. Tambahkan sedikit putih telor,lalu aduk merata sehingga menjadi pasta

7. Maskerpun siap digunakan

 

Cara menggunakannya :

1. Cuci wajah kita terlebih dahulu dengan air hangat hingga bersih.

2. Balurkan masker tersebut pada wajah kita, bisa agak tebal pada mata yang berkantung

3. Biarkan meresap kedalam kulit selama 15-20 menit

4. Lalu bilaslah wajah kita dengan air hangat hingga bersih, lalu dilanjutkan dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit kita.

5. Gunakan handuk yang halus dan memiliki daya serap yang baik untuk mengelap wajah kita, dengan cara cukup ditepuk-tepuk saja, bukan dengan digosok.

 

Hasilnya? Voila! Silahkan dicoba dan dirasakan sendiri yaah manfaatnya!

 

Semoga bermanfaat 



Diana Agustina

No Comments Yet.