Keindahan di Selatan Kota Malang


Monday, 30 Nov -0001


 

Banyak cara yang dilakukan untuk mengusir rasa jenuh dan bosan dengan aktivitas keseharian kita. Salah satunya dengan cara “Liburan” . Mengeksplore sebuah kota baru adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan. Kali ini saya akan mengbahas salah satu tempat liburan di selatan kota Malang  yang belum banyak di jamah oleh Masyarakat. Kali ini saya dan teman-teman mencoba untuk mengexplore Pulau Sempu di Malang.

Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang berada Desa Tambak Rejo Desa, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pulau Sempu mempunyai  daya tarik yaitu adanya sebuah danau yang berada di tengah-tengah Pulau. Danau terbentuk dari hempasan ombak besar dari laut selatan yang masuk melalui celah tebing pembatas pulau yang berlubang disalah satu sisi pulau.

Lokasi Pulau Sempu berada di Pantai Sendang Biru. Untuk mencapai Sendang Biru kita dapat menyewa mobil atau menggukan kendaraan pribadi untuk mencapai sendang biru. Dan sesampainya di sendang bitu  untuk mencapai Pulau Sempu tersebut kita harus menyewa perahu boat seharga Rp 150.000 untuk pulang-pergi. Dan Harga tersebut sudah termasuk dengan tour guide yang menunjukan jalan ke Pulau Sempu. Perjalanan menuju Pulau Sempu memakan waktu sekitar hampir 1 Jam (dalam keadaan jalan kering), jika musim hujan perjalanan akan ditempuh sekitar 1,5 jam.

Yang perlu diperhatikan saat tracking ke Pulau Sempu adalah gunaka sepatu yang senyaman mungkin. Karena dalam perjalanan banyak ranting-ranting pohon dan jalanan yang tidak rata. Dalam perjalanan ke Pulau Sempu pun kita juga akan sering menemui monyet-monyet yang keliaran di hutan. Jangan takut, mereka tidak akan menggau kita kok. Semakin medekati pulau sempu kita akan di sajikan suara deburan ombak dan kicauan burung. Rasanya saat itu saya ingin lari agar cepat dapat sampai ke Pulau.

 

 

Photo by : Pchl

               

Dan Setelah sampai semua rasa capai tebayarkan dengan Keindahan Pulau Sempu.  Hal pertama yang saya lakukan ketika sampai di Pulau Sempu adalah membasuh muka dengan air yang jernih, hehehe... Air yang jenih, kicauan burung dan angin yang sejuk membuat semua lelah terbayar.

 

 

Photo by : Pchl

Rasa penasaran saya pun mulai timbul, saya mulai mencoba baik ke atas tebing. Saya menemukan keindahan lain Pulau Sempu. Dari atas tebing kita dapat memlihat keindahan laut lepas Pantai Sendang Biru, dan kalau anda sedang beruntung kalian juga akan bertemu dengan hiu.

 

Photo by : Pchl

 

                Kali ini saya dan teman-teman berniat untuk camping di Pulau Sempu. Satu hal yang harus di siapkan saat kita berniat untuk camping di Pulau Sempu yaitu Tenda, Matras, Senter, Plastik, Tisu Basah, Makanan dan Minuman yang cukup selama kita camping. Kenapa makanan dan minuman harus cukup ? Karena di sempu tidak ada yang jualan makanan dan minuman. Jadi kalau kita kekurangan makanan / minuman kita harus menyuruh org denga biaya yang cukup mahal yaitu Rp 150.000 untuk ongkosnya saya di luar harga makanan / minuman. Jadi jika berniat untuk camping perhatikan baik-baik perlangkapan yang harus kita bawa.

                

Photo by : as_art10

 

Oh iya di sempu pun tidak ada air bersih dan toilet umum loh. Lalu bagaimana kalau tiba-tiba malam hari mau buang air kecil. Hal yang saya lakukan adalah berjalan kearah yang paling sepi dan buang air kecil di antara tebing-tebing pulau yang di jaga oleh teman saya, hehehe.... Jangan lupa bawa tisu basah dan air mineral untuk bebersih. Dan satu hal lagi kalau mau camping di Pulau Sempu, jangan salah pasang tenda karena itu akan berakibat fatal pada saat malam hari,hehehehe.... karena akan panas banget kalau malam hari kita salah pasang tenda.

                Yang menyenangkan ketika kita camping di Pulau Sempu adalah kita tidur dengan backsound debur ombak dan hembusan angin, hehehe.... Dan malam hari kita bisa bakar ikan sembari bersenandung ria bersama teman – teman.

Satu hal yang perlu di perhatikan saat kita berkunjung ke Pulau Sempu adalah Jangan membuat Pulau Sempu kotor dengan sampah. Jangan bungan sampah sembarangan. Selamat Explore Pulau Sempu =)

 

-Pchl-

         11/06/2015

 

 



Pchl

No Comments Yet.