Ikan Bakar Terapung Yang Gurih


Monday, 30 Nov -0001


Ladies, gimana libur lebarannya kemarin ? Pasti seru dong ya, buat kalian yang sempat mudik kemarin seperti saya,  pasti banyak ya petualangan rekreasi dan wisata kuliner yang kamu coba cicipi.  Nah..kali ini saya mau sharing pengalaman kuliner saya di daerah Bandung, mendengar kata Bandung pasti yang ada dibayangan kamu adalah daerah Lembang, Eiitsss.. tunggu dulu kali ini saya akan ajak Urbanesse ke kawasan Bandung Barat,  tepatnya di daerah Sekitar Jembatan Sungai Ciminyak Rancapanggung, Cililin, Bandung Barat Jawa Barat.  Kalau dari arah Jakarta keluar tol Padalarang.
 

Tepat setelah Jembatan penghubung Desa Mukapayung dan Rancapanggung berjejer 11 tempat makan yang menyajikan berbagai menu ikan air tawar dan kawan-kawannya. Ada Ikan Mas, Gurame, Ikan Nila, Lobster, Belut, Ikan Gabus, Patin dan Daging Ayam Kampung yang di goreng renyah maupun dibakar. Mmm... Yummmy... Ada juga pilihan menu lain sebagai pelengkap menu makannya Oseng-oseng kangkung, sayur genjer dan tahu tempe goreng.
 

Saya dan suami sempat bingung untuk memilih tempat makannya, karena dari 11 warung yang berdiri disitu semuanya ramai pengunjung dan penuh, mungkin karena sedang libur lebaran maka kita kedapatan rumah makan yang ada di tempat itu penuh. Jadilah kita menunggu  sekitar 15 menit, sambil menunggu saya berkeliling rumah makan dengan suami, Waaah...tempatnya bisa memilih mau makan diatas atau dibawah. Diatas berarti kita makan lesehan sambil melihat pemandangan Waduk Saguling yang membentang luas sejauh mata memandang dari atas rumah makan panggung. Kalau kita memiih makan dibawah kita akan makan tepat persis diatas Waduk saguling, jadi makan ala-ala restoran terapung gitu deh. Kita bisa lihat ikan-ikan yang dibudidayakan di Waduk itu sambil merasakan segarnya udara Bandung, suasana perbukitan hijau, gunung, hamparan sawah bertingkat dan melihat perahu-perahu nelayan penambak ikan yang hilir mudik melintas diatas genangan waduk.
 

Akhirnya setelah 15 menit menunggu, kami pun mendapatkan tempat di area bawah, Waaahh..senangnya saya jadi bisa sambil selonjoran melihat hamparan sungai ciminyak dari dekat, sejuk sekali. Mulailah kami memesan menu, berhubung saya doyan banget ikan-ikan laut maupun air tawar saya dan suami memesan paket nasi liwet Ikan Mas dan Nila bakar. Sambil menunggu kami dihibur dengan aroma wangi ikan-ikan yang sedang dibakar, wanginya segar dan khas sekali, saya pun ikut memilih ikan-ikan yang mau di bersihkan kemudian dibakar karena memang tempat makan disini, membebaskan pengunjung memilih sendiri ikan-ikan segar yang masih hidup untuk dinikmati nantinya setelah matang. 3 ekor ikan nila dan 2 ekor ikan mas ukuran sedang sudah saya pilih dan siap di bersihkan, dibumbui kemudian dibakar dengan arang batok kelapa.
 

Cukup menunggu kurang lebih 20 menit didepan kami pun tersaji 3 ekor ikan nila dan 2 ekor ikan mas ukuran sedang yang sudah di bakar, sepanci ukuran sedang nasi liwet pulen panas uniknya nasi liwet disini adalah, didalam tanakan nasinya terdapat ranjau-ranjau bumbu pembakit aroma nasi liwet khas sunda seperti bawang merah, bawang putih, cabai kompor (cabai hijau sebesar baby paprika), sereh dan daun salam dengan ditambahkan sedikit garam dan penyedap. Karena kita pesan paket jadilah kita dapat 1 teko air teh tawar dan manis hangat yang klop banget dipasangkat dengan nasi liwet dan ikan bakarnya.
 

Tidak lupa sepaket nasi liwet juga termasuk 3 macam sambal yaitu sambal kecap berisi potongan cabai rawit merah, irisan bawang merah dan tomat. Lalu sambal kecap Jahe yaitu kecap yang dicampur dengan irisan jahe tipis-tipis yang kalau disantap dengan ikan rasanya membuat hangat dan satu lagi sambal goang yang rasanya super pedas karena berisi cabai rawit merah, tomat merah dan bawang yang dihaluskan bersama garam, gula dan peyedap rasa. Yang pasti rasanya bikin nagih. Ada sambal berarti ada lalapannya, nah.. Lalapan sayurannya pun segar dan banyak ada daun selada, timun, terong buah, sayur kol dan daun singkong yang sudah direbus, Mmmm...nikmat banget bukan?.
 

Ikan nila selaras dengan ikan mas yang matang dibakar, dagingnya putih bersih, sangat lembut, rasanya manis dan gurih. Manis bukan karena kecap tetapi karena ikan-ikan tersebut masih segar kondisinya ketika akan dimasak, jadi benar-benar banyak vitaminnya.

Kisaran harga jangan ditanya, kalau menurut saya paket ikan bakar (1 panci/bakul kecil nasi berikut dengan 2 ekor ikan ukuran sedang plus sambal dan lalapanya) hanya 30 ribu saja Urbanesse. Murah kaan...! Naah.. bagi urbanesse yang berencana untuk berwisata ke daerah Bandung khususnya ke kawasan Cililin, Bandung Barat, jangan lupa untuk menjadikan rumah makan Ciminyak, Rancapanggung ini menjadi pilihan wisata kuliner yang perlu Urbanesse coba ya.

 

 



Libra

No Comments Yet.