Happiness Project by Gretchen Rubin


Monday, 30 Nov -0001


Jika ditanya tentang definisi kebahagiaan, jawaban setiap orang akan berbeda. Ada yang mengartikan kebahagiaan sebagai kepemilikan harta benda, ada juga yang menganggap kebahagiaan sebagai sesuatu yang lebih abstrak, perasaan dalam diri. Apapun definisinya, umumnya sebagian besar dari kita menganggap kebahagiaan sebagai sesuatu yang “jauh”. Melalui buku “Happiness Project”, Gretchen Rubin memperlihatkan bahwa kebahagiaan sesungguhnya “dekat” dengan kita. Kebahagiaan dapat ditemukan dalam kegiatan kita sehari-hari, bahkan dalam kegiatan yang paling sederhana sekalipun. Ia memaparkan 12 poin kebahagiaan yang dibaginya dalam 12 bulan. Berikut ini adalah 3 poin dalam bentuk pemaparan sederhana yang bisa kita semua lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

1.   Boost Energy - Vitality

Langkah pertama memperoleh kebahagiaan adalah dengan mengisi/memiliki energi dalam tubuh. Mengapa? Karena energi memudahkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas yang mendatangkan kebahagiaan, seperti misalnya bersosialisasi. Cara memperolehnya sederhana: mulai dari tidur cukup, berolahraga rutin, mengorganisir dengan baik seluruh pekerjaan/hal yang menumpuk, dan memberi “hadiah” pada diri sendiri. Untuk yang terakhir, Rubin mencontohkan hal yang amat sederhana, seperti misalnya memberi tanda centang pada daftar resolusi yang berhasil kita lakukan setiap hari. 

2.   Aim Higher – Work

Perasaan bahagia berperan penting dalam pekerjaan kita, demikian juga sebaliknya. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk bisa menghadapi kegagalan. Tips Rubin, nikmati kegagalan tersebut. Menurutnya, kegagalan adalah proses menjadi kreatif, bagian dari menjadi ambisius, dan bahwa “if something is worth doing, it’s worth doing badly”.

Be a Treasure House of Happy Memories

Ingat dengan jelas pengalaman yang membahagiakan. Contoh yang Rubin lakukan sangat sederhana: ia memutuskan untuk menjadikan pengalaman menolong orang lain sebagai langkah agar dapat mengalami perasaan bahagia tersebut lebih nyata. 

Dikarenakan buku ini sesungguhnya merupakan hasil dari “jurnal kebahagiaan” yang dilakukan oleh Gretchen Rubin sendiri, poin-poin kebahagiaan terasa amat ringan dibaca, mengalir seperti cerita. Siap menemukan kebahagiaan yang dekat dengan kita? (fulv/foto: HarperCollinsPublishers)



fulv

No Comments Yet.