Google CardBoard


Monday, 30 Nov -0001


Pertama kali lihat agak binggung karena di rakit sendiri seperti konsep Origami dan bahannya dari kardus dan jadinya membentuk kacamata. Melalui alat ini Google ingin menyampaikan pesan bahwa teknologi virtual reality (VR) tak mesti mensyaratkan perangkat & hardware yang mahal. Alat ini memang tidak dilengkapi dengan tampilan khusus tapi bisa menghadirkan gambar 3D ke mata Anda. Yup, inilah teknologi terbaru keluaran Google yang diberi nama Cardboard.

 

Apa itu Cardboard?

Bentuknya mungkin terlihat unik dan agak membuat anda ragu akan kecanggihan teknologinya. Cardboard keluaran Google ini bisa disebut sebagai kacamata kardus yang mampu menyajikan konsep visualisasi 3 dimensi (3D) seperti perangkat headset Ocilus Rift yang lebih rumit dan mahal. Google mulai memperkenalkan produk Cardboard ini pada peserta konferensi Google I/O di San Fransisco pada pertengahan Juni 2014.

 

Cardboard saya beli di Jakarta NoteBook dengan harga Rp 30.000 selain di situ sudah banyak di jual bahkan di jual di Online shoping. kita diberi seperangkat unit Cardboard berupa kardus dengan potongan berpola yang tinggal dilipat lipat. Jadiii mari kita sibuk melipat dan menyambung....


 


Perangkat unik yang satu ini hanya terdiri dari seperangkat kardus berpola dengan dua lensa yang akan digunakan untuk memproyeksikan tampilan dari smartphone Android Anda ke dalam bentuk 3D.

Setelah selesai melipat Cardboard, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menempelkan smartphone Android Anda dengan posisi layar yang menghadap ke arah lensa Cardboard.

Namun ternyata tak semua smatrphone cocok digunakan pada Cardboard ,Dibawah ini beberapa Smartphone yang cocok :

·     Google/LG Nexus 4, 5, 7

·     Apple iPhone 4, 4S, 5, 5C, 5S, 6, 6+

·     HTC Evo 3D, One (Mini, S, X, X+), Sensation, Sensation XE, Velocity 4G, Sensation XL

·     Huawei Ascend G 615, Ascend P1, Ascend X (U9000), Honor (U8860)

·     iOcean X7

·     LG G4, G3, G2, Optimus 3D Max (P720), Optimus 4X HD (P880), Optimus G (E975), Optimus G Pro, P940 Prada 3, Nitro HD (P930), Optimus 2x (P990), Optimus 3D (P920), Optimus Black (P970), Optimus G, G Pro, G Flex, G Flex 2

·     Samsung Aktiv S, Galaxy (Beam, S2, S3, S3 Mini), S4 (Active, Mini), S5, S6, S6 Edge, Galaxy R (i9103), Galaxy Note (n7000), Galaxy Note 2, Note 3, Note 4, Galaxy Note Edge, Grand, Alpha

·     Sony Xperia S, SP, T2, T3, Z1, Z2,  Z3, Z3+, P

·     Xiaomi/Mi Redmi 1S, Redmi Note,Redmi 2, Mi4i, Mi 4, Mi 3

·     Amazon fire

·     Droid Maxx/Ultra, Turbo

·     Apple iPhone 5, Iphone 6, 6+

·     Motorola Moto G 2014, Moto X 2014

·     OnePlus One

·     Oppo Find 7

·     Asus Zenfone 2, Zenfone 6, Zenfone Selfie

·     Lenovo Vibe Z2, K3 Note

·     Nokia Lumia 735, 830, 930, 1520

Sebelum ponsel dipasang, anda bisa mengaktifkan demo Cardboard yang telah tersedia di Google play store. Jika aplikasi tersebut sudah aktif, maka untuk navigasi ponsel Anda tidak perlu menyentuh layarnya. Untuk menjalankan aplikasi ini, Anda bisa menggunakan kepala dengan cara menoleh ke kanan atau ke kiri. Berbagai sensor pada ponsel akan mendeteksi goyangan kepala dan tampilan menu akan dikendalikan oleh pandangan mata.

Menu yang dipilih akan ditampilkan dengan highlight, lalu dapat dikendalikan dengan cara menggeser magnet dengan bentuk bulat dan berada di bagian samping Cardboard.

Jari Anda bisa menggeser mangnet ke bagian bawah dan ponsel akan mendeteksinya sebagai menu yang telah dipilih. Setelah Anda lepas magnet tersebut akan kembali ke atas dengan otomatis.

Layaknya teknologi virtual reality lainnya, Google Cardboard juga menampilkan dua gambar yang terpisah pada layar ponsel.

Lensanya akan melakukan proyeksi pada penglihatan Anda, makanya bisa mencakup seluruh bidang pandang. Kedua gambar yang dihasilkan untuk mata kanan dan kiri akan disatukan oleh otak. Sehingga bisa menjadi tampilan 3D yang luar biasa.

Menggunakan Google Cardboard memang seperti berada di dunia yang berbeda. Anda bebas untuk menyaksikannya hingga 360 derajat. Salah satu demo di dalam aplikasi ini, seperti kontur bumi dalam demo Google Earth wooww kereen sekali, anda seperti menginjak bumi. Atau tampilan pengalaman virtual menaiki wahana roller coaster dalam Dive City Coaster.

 

Tunggu apalagi selamat mencobaaa…!!!!



Aci

No Comments Yet.