Drama Musikal Putih Hitam Lasem


Monday, 30 Nov -0001


Tanggal 3 Oktober yang lalu, Urban Women berkesempatan untuk menikmati drama musikal yang berjudul “Putih Hitam Lasem”. Drama musikal yang disutradarai oleh Ibas Aragi ini mengangkat tentang 2 budaya yang berbeda, Tionghoa dan Jawa, yang di dalamnya diwarnai oleh kisah persahabatan, percintaan, dan konflik keluarga. Dengan mengambil latar belakang kota Lasem dan Hari batik Nasional (2 Oktober) maka drama musikal ini dipentaskan.

Pesan yang kita bawa pulang setelah menonton pementasan ini, adalah putih itu putih, hitam itu hitam, jangan dibalik-balik. Berbeda itu biasa, hargailah perbedaan.

Pesan ini pasti sudah sering didengar, tetapi di pementasan ini terasa berbeda ketika diungkapkan melalui lirik & nada yang sangat menyentuh hati.

Setelah pementasan, terjadi hal yang paling menarik buat kita, yaitu bertemu dengan sang composer dan music director dari drama musikal ini, Aminoto Kosin dan anaknya Pamela Kosin. Langsunglah terlintas di kepala kita, “Let’s interview them!”.

So, inilah sekilas tentang Aminoto Kosin dalam pementasan Putih Hitam Lasem.

Aminoto Kosin adalah seorang arranger dan konduktor yang sudah menghasilkan banyak musik dan musisi yang berkualitas. Beliau sudah berkarya hampir selama 29 tahun, sejak kembali dari US di tahun 1985. Terlibatnya beliau dalam drama musikal ini karena dikenalkan oleh teman beliau, Ibu Gloria Oey, ke salah satu panitia “Putih Hitam Lasem” Ibu Grace Ongko. Dulu beliau sudah pernah bertemu dengan Ibu Grace Ongko, tapi setelah itu tidak pernah ketemu lagi, dan di sekitar bulan Juni atau Juli mereka bertemu dan akhirnya bekerjasama.

Dalam pementasan ini, ayah dan anak mencipta dan tampil bersama. Mereka berdua membuat sekitar 6 lagu dan beberapa ilustrasi. Saat kita tanyakan, bagaimana perasaannya bisa bekerjasama dan tampil bersama dengan anaknya? Ini jawaban beliau “Well, I very excited also amaze how she wrote the beautiful melodies. You know, I never heard any of her works before, maybe she’s to shy to show them to me. So it’s a surprise and wonderful collaboration too”. Wah, terlihat kebanggan seorang ayah. =)

Itulah sekilas tentang ayah dan anak, berprofesi sebagai seorang arranger, memperkuat sebuah lagu sehingga para penonton dapat mengambil dan memaknai perasaan dan cerita di balik itu.

 



Unknown

No Comments Yet.