Dieng Plateau


Monday, 30 Nov -0001


 

Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau) merupakan sebuah wilayah yang termasuk dalam kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dieng Plateau mempunyai julukan Negeri di atas Awan. Dieng Plateau berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Daerah ini mempunyai udara yang sangat dingin , untuk disiang hari rata-rata 12—21°C dan untuk malam hari rata-rata 5-9°C . Dan pada musim kemarau (bulan Juli – September ), suhu udara dapat mencapai -4°C di pagi hari.

Kali ini saya akan membahas semua yang berhubungan dengan Dieng Plateau. Mulai dari tempat wisata, makanan khas sampai buah tangan khas Dieng. Dan kali ini saya mengeksplore daerah Dieng bersama teman-teman dari  “Happycamp Indo” .  Teman- teman dari “ Happycamp Indo” sangat membantu saya untuk mengekspore Negeri di atas awan.

Berikut adalah beberapa wisata yang wajib di kunjungin jika kalian bertandang ke Dieng :

1.Telaga Tiga Warna
 

                                                   Photo by : @as_art10 


Telaga Warna
merupakan salah satu landmark dari wisata Dieng Wonosobo. Telaga ini beri nama Telaga Warna karena telaga ini memiliki warna yang berbeda – beda.   Telaga Warna ini di dominasi oleh warna hijau, biru laut dan putih kekuningan. Jika kalian ingin menikmati keindahan Telaga Warna ini kalian harus mendaki puncak bukit yang mengelilingi telaga ini. Banyak spot – spot yang bisa di gunakan untuk menikmati keindahan telaga warna ini dan yang paling penting untuk bernarsis ria :)
 

2.  Dieng Theater

                                                       

Dieng Theater bisa dibilang bioskop kecil yang berada disekitar Telaga Warna.  Jika kalian berkunjung ke Dieng jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini. Di Dieng Theater ini kalian akan disuguhkan film dokumenter yang berjudul “ Bumi Kahyangan Dieng Plateau” . Durasi film dokumenter ini tidak lama kok hanyak sekitar 20 menit. Dalam film dokumenter ini penonton akan diajak menyelusuri tentang terbentuknya dataran Dieng dan semua hal tentang Dieng.

Sumber : http://farahvii.blogspot.co.id/2011/07/dieng-plateau-theatre.html

 

3. Sikidang

                                 https://photos-4.dropbox.com/t/2/AAAZJpNGkBc6vTc9HlAQdT76KGg4i3R3CLI9T-ibTAzWsA/12/382299180/jpeg/32x32/1/1447758000/0/2/_MG_1353.JPG/EM7Lk4UDGN4DIAIoAg/MJihXgQsSu6UUaZR7TP3LsGNZeKKRz8Z_s2y_g2W-V8?size_mode=2&size=1024x768     Photo By : @ryanevermore


Sikidang
merupakan objek wisata yang terbentuk dari letusan gunung berapi yang berbentuk kawah. Kawah ini masih aktif sampai sekarang tetapi tidak perlu khawatir karena kawah tersebut cukup aman kok untuk di kunjungi karena kadar belerangnya rendah. Dan kalau ke tempat ini jangan lupa menggunakan jaket karena angin di tempat ini sangat kencang.

 

                                                  

 Photo by : Pchl

Oh iya di kawasan ini juga kalian juga bisa foto dengan beberapa koleksi burung hantu loh, dengan biaya Rp 5.000 kalian bebas foto, heheheh... atau kalian yang mau menguji adrenalin disana juga di sewakan Motor Trail dengan biaya Rp 25.000,-  . Satu lagi yang harus di bawa saat kalian mengunjungi kawasan ini, kalian jangan lupa membawa masker .


4. Candi Arjuna

                                     

 

Candi Arjuna merupakan sebuah komplek candi hindu yang berada di dataran tinggi Dieng.  Dalam komplek candi tersebut terdapat bebarapa candi yaitu Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra.

                                         

Selain kita bisa melihat jajaran candi – candi, di kawasan Candi Arjuna kalau sore hari kita dapat melihat sunset di kawasan ini. Sambil menunggu sunset di kawasan Candi Arjuna ada lahan yang dapat di gunakan untuk bercengkrama besama teman- teman. (Photo by : @as_art10)

                                                                                    

5. Sikunir

                                

 

    Sikunir mempunyai julukan Golden Sunrise. Sikunir di juluki golden sunrise  karena di kawasan ini kita dapat melihat keindahan Sunrise di antara gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Ketinggian Sikunir ini adalah 2.350 mdpl.

                                                


Sikunir
merupakan salah salah satu spot terbaik di dunia untuk melihat matahari terbit. Oh iya kalau kalian berniat untuk mengunjungi Sikunir waktu yang tepat adalah ketika musim kemarau ( Juli – Agustus ). Karena saat musim ujan kita tidak akan dapat Sunrise yang akan kita dapat hanyalah kabut tebal,seperti yang aku temu kemarin. Gagal SUNRISE L

Ohh iya kalau kesana jangan lupa pake jaket, sarung tangan, kupluk dan sepatu  yah karena dinginnya pake banget , heheheh..... (Photo by : @as_art10)

 

 

6. Prau

                                  

                                                        Photo by : @imamitnick

Untuk para pendaki Gunung Prau merupakan ketika kita berada di puncak sebuah destinasi yang wajib di kunjungi. Karena diatas Gunung Prau kita akan merasakan berada di atas awan dan kita juga dapat menikmati keindahan sunrise.

 

                                     

                                                         Photo by : @abbdillahramdha

Waktu yang tepat untuk mendaki Gunung Prau yaitu ketika musim kemarau. Karena jalan untuk pendakian kering dan kabut juga tidak pekat. Karena jika musim hujan kabut sangatlah tebal dan itu mempersulit pendakian. 

 

 

Kalau berkunjung ke sebuah daerah kita tidak afdol rasanya kalau kita tidak menyicipi makanan khas daerahnya.  Untuk kali ini aku akan membahas dua makanan khas daerah Dieng wajib kalian cicipi ketika kalian mengunjungi Dieng :

 

1. Mie Ongklok

 

 

 

 

 

 

 

 







Photo by : Pchl



Mie Ongklok
adalah mie rebus khas Wonosobo. Mie ongklok ini terbuat dari racikan khusus dengan campuran kol dan potongan daun kucai di guyur dengan kuah kental berkanji dengan cita rasa manis. Dan Mie ongklok ini di sajikan bersama sate sapi.  Ongklok adalah sebuah keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu. Dan karena penggunaan alat itulah mie ini di namakan Mie Ongklok. Makanan pedamping untuk makan mie ongklok ada tempe kemul dan cireng yang terbuat dari singkong.

                Kali ini aku di ajak oleh teman – teman “Happycamp Indo” untuk mengunjungi kedai  Mie Ongklok Longkrang, kedai ini merupakan salah satu kedai Mei Ongklong yang terkenal di Wonosobo. Mie Ongklok Longkrang berada di  Jl. Pasukan Ronggolawe No.14 . Kedai ini mudah sekali di temui karena terletak di tengah kota Wonosobo, dekat dengan alun-alun. Bagi kalian yang ingin menyicipi Mie Ongklok terkenal ini harus siap-siap untuk antri karena kedai ini sangat ramai, apalagi saat musim liburan atau weekend. Dan setelah aku menyicipi Mie Ongklok di kedai ini, memang rasanya Ajib bgd hehehehe...

 

2. Manisan Carica

 

Carica merupakan buah yang berkerabat dengan buah pepaya.  Bentuk dari buah buah carica itu sendiri seperti pepaya tetapi ukuranya lebih kecil.  Di daerah Dieng buah Carica ini tumbuh sangat banyak. Jika kalian ke daerah Dieng jangan lupa untuk mencicipi buah. 

Sumber : http://www.hktdc.com/suppliers-products/Fresh-Carica-Dieng/en/1X0980AQ/2840381/

 

 

 

Selamat mengeksplore Dieng =)               



Pchl

No Comments Yet.