COURSERA: Aplikasi Pendidikan Online


Monday, 30 Nov -0001


 

Bukan hal yang mustahil lagi untuk setiap orang dapat belajar secara gratis di mana saja, tanpa terbatas ruang dan waktu. Coursera, adalah sebuah platform pendidikan yang dapat diakses secara online dan mobile, melalui PC/laptop maupun di handphone/tab, yang penting ada akses internet. Untuk mobile, aplikasi Coursera dapat didownload di App Store (iOS) dan Play Store (Android).

 

Beberapa kelebihan mengikuti Coursera:

 

  • Walaupun ini gratisan bukan berarti tidak berkualitas.

Coursera bekerjasama dengan universitas terkemuka dan organisasi ternama di seluruh dunia. Seperti Stanford University, California Institute of Technology (Caltech), the University of Edinburg dan masih banyak lainnya. Juga institusi non universitas lainnya, seperti National Geographic, The Museum of Modern Art, The World Bank dan lainnya. Kita bisa mempelajari segala hal dari ilmu matematika hingga hukum dari profesor yang sama seperti profesor di universitas-universitas seharga ribuan dolar.

 

  • Mengeksplor minat kita tanpa resiko besar.

Di kelas online memingkinkan kita untuk mencicipi kursus yang berbeda hanya untuk menguji minat kita. Tanpa harus mempermasalahkan masalah administrasi dan lainnya.

 

  • Membantu mendapat pekerjaan baru atau promosi

Kebanyakan kursus online yang ditawarkan pada platform ini gratis, tapi dengan biaya yang cukup murah (biasanya di bawah US $100), kamu bisa mengambil kelas yang akan memberimu sertifikat setelah selesai. Sebagai contoh, kelas-kelas signature track Coursera, dengan biaya dari US$29-US$69, akan memberimu sertifikat, dan jika kamu mengambil serangkaian kelas terkait, kamu bahkan bisa memperoleh “sertifikat spesialisasi.” Sekarang banyak perusahaan yang cenderung lebih menerima sertifikat seperti ini untuk tujuan perekrutan karyawan baru, dan promosi karyawan lama.

 

  • Mendapatkan kredit mata kuliah

Beberapa universitas telah bekerja sama dengan Coursera untuk memperoleh kredit mata kuliah yang bisa diakui, seperti Nanyang Technological University (NT). Hal ini juga akan berlaku untuk para calon mahasiswa, yang kemudian dapat mentransfer kredit mereka ke NTU saat mendaftar nanti. Namun hanya kelas signature track saja yang akan memberikan kredit.


 

 

 


Sebanyak lebih dari 1.000 kursus dari 25 ruang lingkup ilmu dapat Urbanesse pilih. Cara masuk ke Coursera sangat mudah tinggal Sign Up di www.coursera.org atau di aplikasi mobile, lalu tinggal mengikuti petunjuk selanjutnya. Kursus dijalankan dengan online, video streaming maupun offline, dengan cara mendownload videonya. Seperti biasa jika kita kuliah, di Coursera juga ada tugas-tugas dengan tenggat waktu dan kuisnya. Urbanesse, tidak perlu kuatir akan ketinggalan kursus, karena ada fitur notifikasi yang selalu mengingatkan kita.

 

Dengan mendaftar di Coursera, kita secara langsung terhubung dengan pelajar dan dosen lainnya lebih dari 100 institusi pendidikan di seluruh dunia. 

 

Jadi urbanesse, silakan mencoba aplikasi yang sangat bermanfaat ini.

 

 

Sumber:

https://www.coursera.org

www.sekolahsg.com

 


 



Unknown

No Comments Yet.