Bersahabat Dengan Matahari


Monday, 30 Nov -0001


 

Laut saat ini menjadi destinasi yang paling dicari oleh semua orang terutama dari kota-kota besar untuk berlibur, baik untuk sekedar bermain-main di pantai, snorkeling hingga diving. Dua kegiatan terakhir malah kini semakin marak serta banyak yang menjadikannya sebagai hobi serta life style.

Activity outdoor membuat para pecinta pantai dan laut harus siap bersahabat dengan matahari. Aneh rasanya bermain ke pantai atau berenang di laut tapi takut kulit jadi hitam.  Terlalu cuek dan tidak tahu bahaya sinar UV (Ultra Violet) dari matahari, juga akan berdampak buruk pada kesehatan dan penampilan.

 

 

 

Kulit eksotis memang menarik, tapi bagaimana kalau terjadi iritasi atau kulit menjadi belang terbakar? Agar kulit terlindung maksimal, maka menggunakan sun block is a must!

 

 

 

Yang harus diperhatikan perihal Tabir Surya atau sun block adalah :

  • Lihat kandungannya. SPF (Sun Protection Factor)  tinggi saja tidak cukup. Cream sun block juga harus mengandung PA (Protection Grade of UVA). PA adalah kandungan yang akan melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar UVA yang merusak strukur kulit dan menyebabkan penuaan dini.
  • Waktu yang tepat mengaplikasikan Sun Block cream ke kulit adalah 30 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Fungsi sun block akan hilang setelah kulit terpapar lebih dari dua jam. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengaplikasi kembali tabir Surya setiap dua jam sekali.
  • Matahari bersinar terik-teriknya pada pukul 11 siang hingga 16 sore. Sementara sinar matahari yang baik untuk kulit adalah sebelum jam 9 pagi  dan setelah jam 16 sore. Hal ini menjadi tolak ukur waktu berjemur serta jenis tabir Surya yang dipilih. 

 

Sunburn adalah istilah popular ketika kulit memerah dan perih karena sinar matahari. Sinar matahari memiliki 3 gelombang yaitu : UVA, UVB dan UVC. Gelombang yang mampu menembus kulit kita dan merusaknya adalah jenis A dan B. Gejala sunburn hanya dipermukaan kulit saja, namun yang harus kita proteksi tidak hanya sekedar kulit luar namun juga kulit dalam, karena UV dapat merusak jaringan bawah kulit. Kerusakan itu akan menyebabkan kulit menua, dan parahnya dapat memicu kanker kulit.


 Apa saja yang harus dilakukan jika terkena sunburn :

  1. Kompres kulit dengan air dingin
  2. Pijit kulit dengan krim yang mengandung aloevera atau menthol
  3. Minum air putih yang banyak
  4. Jika terjadi kekeringan sekitar mulut dan terjadi demam maka itu pertanda dehidrasi, jadi harus segera ke dokter.

 

 Bagaimana jika hasil sunburn membuat kulit kering terkelupas (mengelotok), maka kita bisa melakukan peeling di rumah. Caranya :

  1. Berendam ke air hangat suam-suam kukuGosok kulit dengan kain lembut
  2. Gunting bagian kulit yang mengelupas dan mencuat secara hati-hati
  3. Aplikasikan cream pelembab yang mengandung Aloevera

 

 

 

Perlindungan sebelum dan sesudah beraktivitas memang sangat perlu agar kulit tetap cantik dan sehat.

Selamat bersenang-senang dengan sahabat Matahari!

 

Berbagai Sumber

 



Shopia Aradhu

No Comments Yet.