Bagaimana Merawat Blazer Kesayangan, Nampak Licin Tanpa Disetrika ?


Monday, 30 Nov -0001


 

Ketika berangkat ke kantor pada Senin lalu, saya banyak menjumpai entah itu pria maupun wanita menggunakan luaran pakaian kerjanya yang bentuknya mirip jas tapi sedikit ngehips dan santai untuk dipakai ke kantor. Sampai dikantor ternyata teman-teman saya yang lain juga ada yang menggunakannya, dengan motif, corak dan model beraneka rupa. Bahannya tetap sama seperti jas namun blazer agak lembut dan tipis. Waaahh Blazer ternyata sudah menjadi pakaian wajib pekerja kantoran yaa, selain fungsinya untuk menghangatkan badan karena notabene pekerja kantoran seharian menggunakan AC didalam ruangan, Blazer juga digunakan sebagai fashion dan pemanis pekerja kantoran agar nampak lebih “catchy”

Urbanesse mungkin seorang pekerja kantoran? Pasti sering dong menggunakan Blazer? Yes... Blazer merupakan outter  yang dipakai oleh pria maupun wanita sebagai fashion dalam bekerja. Menurut Ensiklopedia Blazer merupakan sejenis jaket yang dipakai sebagai pakaian yang santai namun tetap cukup rapi. Sebuah blazer bentuknya menyerupai jas dengan potongan yang lebih santai. Bahan untuk membuat blazer biasanya tahan lama, karena ia merupakan jaket olahraga luar ruangan. Blazer sering dijadikan sebagai pakaian seragam, misalnya untuk penerbangan, sekolah, dan klub olahraga.

Perawatan Blazer pastinya tidak sama dengan perawatan pakaian biasa. Pencucian Blazer biasanya bagi Urbanesse yang belum tahu, pasti sering mencuci Blazer dengan cara di Loundry. Karena jika tidak tahu caranya merawat dan mencuci Blazer kesayangan maka yang terjadi akan merusak bahan blazer itu sendiri jika kita mencucinya dengan mesin cuci. Namun pastinya Urbanesse ingin tahu dong bagaimana caranya mencuci dan merawat blazer dengan tangan tanpa harus menggunakan mesin cuci. Intip yuk cara yang biasa saya lakukan dirumah.

·         Cara mencuci harus dengan tangan bukan mesin karena dipastikan jika mencuci dengan mesin maka blazer akan nampak berbulu

·         Rendam pakaian menggunakan sabun selama kurang lebih ½ jam sebaiknya memakai bak (ember) mandi untuk bayi agar blazer tidak kusut atau bisa juga dengan bak yang agak besar.

·         Kucek dengan lembut jangan terlalu kasar dan kuat, terutama pada bagian yang sering terkena kotor seperti di bagian tangan, siku, krah, kaki paling bawah, bagian belakang

·         Hindari pemakaian sikat saat mencuci, karena akan beresiko Blazer kesayanganmu berbulu dan nampak kusam

·         Hindari memeras blazer karena bisa merusak bahan lapisan dalam

·         Bilas dengan air bersih dengan cara dicelup berulang-ulang tanpa memeras hingga busa berkurang

·         Terakhir rendam dengan air yang sudah ditambahkan pelembut & pewangi pakaian untuk tetap  menjaga agar pakaian tetap lembut selama ½ jam kemudian bias dengan cara di celup berulang-ulang.

·         Angkat pakaian dalam keadaan basah lalu gantung dengan hanger biarkan air mengucur dengan sendirinya jangan diperas, jemur ditempat yang tidak terkena matahari langsung dan diangin-anginkan.

·         Setelah kering pakaian akan tetap licin dan dapat langsung dikenakan tanpa menyetrika (kalaupun diperlukan untuk disetrika karena ada bagian tertentu yang kusut , sebaiknya jangan menyetrika secara langsung dengan cara diberi alas kain putih di atas pakaian yang akan disetrika dengan suhu medium). Hal ini dilakukan agar pakaian tidak cepat pudar warnanya.

·         Setelah dipakai jika belum kotor banget, bisa digantung lagi menggunakan Hanger. Jangan lupa selalu menyemprot Blazer kesayanganmu dengan pengharum pakaian agar Blazer tetap wangi ketika dipakai lagi

Saya sudah coba mencuci Blazer dengan cara tersebut dan hasilnya, Blazer saya pun licin tidak perlu disetrika dan saya pergi ke kantor dengan aroma wangi bunga pilihan saya sendiri yang pasti perawatan blazer cara ini “Tidak Perlu Mahal”. Nah Urbanesse mungkin ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang kesulitan gimana caranya merawat blazer kesayangan. Selamat Mencoba dirumah Urbanesse!!

 



Admin Urban Women

No Comments Yet.