Hasil pertemuan Urban Women Bookclub


Friday, 13 Sep 2019


Halo, Urbanesse pada hari Sabtu, 7 September 2019 yang lalu Urban Women kembali mengadakan pertemuan Urban Women Bookclub dengan tema buku-buku yang menginspirasi pembaca sepanjang masa. Bertempat di Tuang Coffee Jakarta, 5 peserta yang hadir Wirda, Nita, Yona dan Tria saling sharing dan berdiskusi mengenai buku yang telah mereka baca.

Wirda mereview buku bertajuk Successful Women Think Differently karangan penulis Valorie Burton dimana menurutnya buku tersebut memberikan banyak inspirasi untuk kehidupan dan karirnya. Wirda mengatakan bahwa Buku ini menginspirasinya untuk belajar tentang bagaimana menjadi perempuan yang sukses dengan pola berpikir yang cerdik, dengan tetap memegang peran yang di jalaninya tanpa harus meninggalkan kodratnya. Di buku tersebut Wirda juga menjelaskan tentang banyak hal yang menginspirasi salah satunya tentang seluk beluk menjadi perempuan sukses dengan beragam tantangan dan solusi yang ia mampu hasilkan.

Review buku peserta lainnya adalah buku Yona berjudul “the world until yesterday” karya jared diamond. Buku yang berkisah mengenai kehidupan masyarakat tradisional era 1800-an. Kisah dalam buku ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu Hukum, Adat dan juga kebiasaan atau cara hidup. Menurutnya, terdapat beberapa poin yang menarik terkait hukum yang dimiliki oleh masyarakat tradisional diantaranya masyarakat tradisional papua yang selalu menyelesaikan persoalan secara kekeluargaan dan menerapkan sistem kompensasi. Alasan buku tersebut membuat Yona terinspirasi karena dengan membaca buku itu dirinya jadi tahu bagaimana kehidupan masyarakat tradisional pada masa lalu bahwa mereka sudah banyak menerapkan sistem kehidupan yang di gunakan sekarang seperti KB, ASI Eksklusif jauh sebelum orang-orang yang sekarang sudah melakukannya, Bagi Yona segala hal yang menginspirasi dari buku itu bukan berarti harus bisa di aplikasikan dalam hidup melainkan bisa menjadi pengetahuannya untuk menghargai sistem-sistem/ pola hidup antara masyarakat tradisional dan modern saat ini. Juga memberikan beragam sudut pandang lain bahwa ini merupakan sistem atau pola yang jika di lihat sama manusia modern saat ini sepertinya tidak mungkin bisa terjadi saat itu, tetapi ternyata menurut Yona, ada pola atau sistem hidup seperti itu. Yona mengatakan bahwa sistem modern adalah pengembangan dari sistem tradisional.

Buku berikutnya di ulas oleh Nita, buku berjudul 'The Magic' karangan Rhonda Byrne. Buku yang berisi tentang keajaiban yang datang ketika kita merasa bisa selalu bersyukur di segala situasi dan kondisi yang sedang di hadapi “Di buku ini ada beberapa cerita di jelaskan tentang bagaimana ketika kita sebagai manusia mampu tetap bersyukur baik keadaan yang buruk sekalipun yang tengah di hadapi maupun keadaan yang sebenarnya baik-baik saja namun tetap bersyukur dengan tidak menutup mata melihat pencapaian-pencapaian yang telah kita dapatkan sepanjang usia hingga hari ini, intinya menurut Nita buku ini menginspirasi orang bahwa dengan bersyukur maka mampu mengubah seluruh hidup. Buku ini menginspirasi dirinya  sebagai acuan untuk melatih diri agar tetap bisa selalu bersyukur dan mendata ulang pencapaian hidupnya agar terhindar dari perasaan-perasaan/pikiran negatif ketika  melihat kehidupan  yang kita pikir buruk ternyata semua itu baik-baik saja dan selayaknya untuk selalu  bersyukur di segala kondisi.

Buku terakhir di ulas oleh Tria, Buku bertajuk Quiet karangan Susan Cain, menurut Tria buku ini berisi tentang kehidupan seorang introvert dengan keunikan karakternya. Negatif dan positif akan selalu di temukan di setiap karakter baik seorang Introvert maupun Ekstrovert. Namun, dalam buku tersebut memang membahas lebih banyak tentang keunikan seorang Introvert. “Di dalam buku ini ada bagian bab yang menceritakan tentang bagaimana istri salah seorang Presiden Amerika Serikat yang merupakan seorang introvert bahkan ia tidak memiliki kemampuan berpidato sama sekali namun mampu menulis isi pidato yang cukup baik untuk suaminya yang seorang Presiden. Buku ini menginspirasi Tria karena buku tersebut mampu mengubah pola pikirnya yang semula menganggap bahwa orang introvert tidak akan pernah bisa maju dan lebih baik hidupnya, Ternyata banyak cerita pengalaman di buku ini yang membuat dirinya bangkit dan pada akhirnya sedikit demi sedikit dia bisa lebih percaya diri untuk berkarir meski seorang introvert.

Well, kesimpulan akhir hasil pertemuan Urban Women Bookclub kali ini adalah bahwa setiap buku yang menginspirasi tidak harus buku-buku yang berisi tentang motivasi, pengembangan diri, biografi orang lain dan sejenisnya,  melainkan buku-buku ilmu pengetahuan seperti buku yang dibawa Yona pun bisa menginpirasi, kita jadi memiliki pengetahuan baru bahwa banyak pola dan sistem lainnya yang dapat diterapkan di dalam kehidupan kita yang pasti ada plus minusnya baik yang menggunakan cara-cara/pola lama maupun pola yang baru, sejatinya kita hanya perlu menghargai setiap sistem dengan segala plus minusnya tersebut. Dan sebuah buku di katakan mampu menginspirasi pembacanya adalah jika ketika buku tersebut bisa menjadi seperti multivitamin semangat ketika pembacanya sedang mengalami masa-masa lelah atau sedikit kecewa, buku yang menginspirasi mampu menjadi pompa penyemangat dan pengingat diri

Sampai jumpa di pertemuan Urban Women Bookclub berikutnya Ladies bulan depan, Dengan tema buku lainnya. Tertarik mengikuti  pertemuan bulanannya, kamu dapat menghubungi nomor Whatsapp 0815-172-52504.

 



Unknown

No Comments Yet.